.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Orang Dapat Membantu Seseorang Karena Merasakan Sesuatu Yang Istimewa


Penjara di New York sempat heboh karena seorang staf perempuan, Joyce Mitchell, membantu dua tahanan kasus pembunuhan melarikan diri.  Joyce kemudian diadili dan dihukum penjara. Matt, kriminal yang dibantunya, bersalah karena menculik, menyiksa, dan membunuh. Tetapi mengapa Joyce membantu pria semacam ini?  Joyce membantu bukan karena siapa orang itu, tetapi bagaimana orang itu membuat Joyce “merasakan” sesuatu yang istimewa.  Perasaannya dipermainkan.

“The way you made me FEEL” menjadi judul lagu terkenal Michael Jackson.  Bukan “The way you make me THINK.”  Ada orang-orang tertentu yang sangat menarik karena mereka dapat melihat dan memenuhi kebutuhan atau keinginan orang lain, contohnya kebutuhan akan cinta, rasa aman, kekaguman, dll.  Kita mungkin pernah bertemu orang-orang semacam ini, baik yang tulus maupun manipulator.  Bila manipulator menggunakannya untuk kepentingan diri, maka orang-orang yang tulus memang melakukannya dengan motivasi untuk meningkatkan kehidupan orang lain.

Jadi, kehidupan sosial dan karir kita sedikit banyak ditentukan bagaimana kita memenuhi kebutuhan emosi orang lain. Dan sikap positif kita juga mendorong orang lain memiliki emosi positif terhadap kita.  Sebaliknya, kita perlu belajar agar tidak mudah terseret emosi dan gampang tergoda, sehingga mudah dimanipulasi.
Sebenarnya, menurut psikolog Dr. Edelstein, orang lain dan situasi tidak menjadi penyebab perasaan kita. Kalau situasi adalah penyebabnya, berarti setiap orang yang terjun payung memiliki perasaan yang sama persis. Kenyataannya ada yang bersemangat dan ada yang takut. Kesimpulannya, “belief system” dan pikiran kita besar pengaruhnya. Jadi, sedikit banyak kitalah yang bertanggung jawab atas perasaan kita. Jangan salahkan orang lain kalau kita merasa marah, takut, sedih, atau jatuh cinta! (Esther Idayanti)

Orang akan Lupa Apa yang Anda Katakan, Apa yang Anda Lakukan, Tetapi Tidak Pernah Lupa Bagaimana Anda Membuat Mereka Merasakan Sesuatu (Maya Angelou)