.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Jangan Sampai Pilih Kasih Kepada Anak-anak Anda


Ketika Tiger Wood diwawancarai tentang perselingkuhannya, ia menjawab "Saya hidup dengan aturan yang berbeda." Psikolog DR. Ellen Libby berkata itu akibatnya bila seseorang diistimewakan karena ia anak tunggal atau anak favorit dalam keluarga. Orangtua memberinya terlalu banyak “cinta” dan terlalu sedikit disiplin. Ia menjadi sangat percaya diri dan merasa dirinya istimewa. Ini kunci keberhasilan tapi juga pemicu kejatuhan karena berpikir bahwa ia bisa bebas dari konsekuensi perbuatannya.

Semua orangtua berkata bahwa ia mencintai anak-anaknya sama rata. Tetapi semua anak-anak berpikir bahwa orangtua lebih mencintai saudara mereka. Bisa jadi ini masalah perspektif. Tetapi memang ada orangtua yang terang-terangan menunjukkan bahwa ia pilih kasih.
Anak yang Terpilih
Pilih kasih merusaknya menjadi anak manja yang tidak dapat mandiri, dan ia akan kesulitan membina hubungan karena ia selalu membandingkan dengan cinta yang diberikan oleh orangtuanya.

Anak yang Tak Terpilih
Ia merasa dibuang dan disingkirkan, sehingga berdampak pada harga dirinya. Ia menjadi minder, serta sepanjang hidup mencari cinta yang membuatnya merasa istimewa. Bisa jadi anak ini berontak dan mencari pelampiasan pada hal-hal negatif yang akan menjerumuskan dia dan seluruh keluarganya.

Orangtua
Orangtua juga akan menderita. Menurut studi psikologi, permusuhan antar saudara karena orangtua pilih kasih terbawa hingga mereka dewasa, bahkan sampai tua. Tidak ada kerukunan dalam keluarga. Selain itu, orangtua bisa kehilangan kesempatan indah untuk melihat kelebihan dan potensi anak yang tidak ia banggakan itu.
Anak-anak adalah hadiah dari Tuhan dengan keistimewaan masing-masing. Ketika kita menghargai mereka apa adanya, mereka akan berkembang dan membawa kebanggaan bagi orangtuanya. Ingat, mereka adalah milik Tuhan, bukan milik kita. Suatu saat kita dimintai pertanggung jawaban (Esther Idayanti)

Setiap Hari Kita Membuat Deposit Dalam Bank Ingatan Anak-Anak Kita (Chuck Swindoll)