.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Pentingnya Memilih Kata-kata yang Tepat


Suatu hari seorang raja bermimpi bahwa semua giginya tanggal satu persatu dan ia memanggil orang-orang pintar di negeri itu untuk mengartikan mimpinya. Orang pintar pertama berkata dengan sedih bahwa seluruh keluarga dan sanak saudara raja akan mati, dan raja satu-satunya yang hidup. Perkataan ini membuat raja marah dan mengusir orang itu. Kemudian dipanggil orang pintar berikutnya, dengan senyum yang bijak ia berkata, “Bersuka citalah Raja! Impian itu berarti bahwa Paduka akan hidup bertahun-tahun lebih lama dari pada semua keluarga dan sanak saudara Paduka.” Hal ini membuat hati raja senang, dan ia memberikan orang pintar ini hadiah yang luar biasa. Bila Anda teliti lagi, sebenarnya kedua orang ini mengatakan hal yang sama, namun dengan cara yang berbeda!

Demikian pula kita perlu menggunakan cara yang berbeda dan memilih kata-kata yang tepat, sehingga apa yang kita ucapkan dapat membangun dan mendorong orang lain secara moral maupun spiritual.

Kenyataannya, perkataan kotor atau tidak sopan sudah menjadi trend dalam film Holywood, di kantor, dalam group wa dll. Selain itu, saat ini orang dengan mudah memaki dan menyumpahi orang lain dalam postingan media sosial tanpa memikirkan batas kesopanan, toleransi, dan perasaan orang lain. Kata-kata jenis ini menghilangkan kepercayaan, rasa hormat, merusak hubungan serta moralitas seseorang.

Sayangnya, kita tidak bisa meminta seseorang mengubah perkataannya, sebelum orang itu mengubah dirinya. Karena perkataan seseorang berasal dari jati diri yang terdalam.
Nasihat buat kita semua, “Rasakan perkataan kita sebelum Anda mengungkapkannya keluar.” Dengan perkataan, kita dapat membangun atau menjatuhkan, mendorong atau melemahkan semangat, membawa kehidupan atau kehancuran. Pilihannya tergantung pada kita (Esther Idayanti)

Perkataan Yang Ramah Mungkin Singkat dan Mudah Dikatakan, Tetapi Gaungnya Tidak Pernah Berhenti (Mother Teresa)