.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Ketika Kegunaan Internet Berubah Jadi Budaya Kebencian


Cover majalah TIME bulan Agustus lalu berjudul “Why we’re loosing the internet to the culture of hate.” Internet yang dahulu merupakan tempat mencari informasi, sekarang menjadi tempat menyebarkan kebencian dan kekerasan. Padahal hal ini merusak masyarakat dan kesehatan mental kita. Repotnya, posting kemarahan dan kebencian mendapatkan “like” dan lebih sering serta lebih cepat dibagikan daripada postingan yang lain.

Tidak Ada Konsekuensi
Kalau Anda berteriak memaki orang, kemungkinan besar Anda akan dimaki balik, dan menjadi tontonan. Tetapi saat online, seseorang tidak terlihat, kadang namanya tidak tercantum, dan ia tidak menerima respon langsung sehingga kata Bill Horne, “Mereka meninggalkan pemikiran logis, sopan santun, akal sehat, dan rasa hormat terhadap diri sendiri.”

Baik Untuk Emosi
Ryan Martin, seorang profesor psikologi berkata bahwa justru setelah posting hal-hal itu, orang menjadi lebih marah, dan mengekspresikan kemarahannya di dunia nyata. Ia juga merasa bersalah, frustrasi dan malu terhadap diri sendiri. Sama sekali tidak berguna.

Jadi Mengapa Dilakukan?
Jeffrey Marty berpura-pura jadi anggota kongres Amerika lalu posting hal-hal yang menyerang dan penuh kebencian. Ternyata ia adalah seorang yang bermasalah: ia bercerai, sahabatnya bunuh diri, dan ia harus tinggal di rumah karena sakit. Jadi, 1,5 juta “view” per bulan memberi kekuasaan yang ia cari. Orang yang menyebarkan kebencian biasanya bermasalah, ingin mengontrol, takut dikalahkan, atau melihat “bullying” sebagai entertainment.
Nasihat dari para pakar, lebih baik kita bergaul di dunia nyata dengan orang-orang yang punya padangan berbeda dengan kita dan membangun rasa hormat yang sehat, serta mengasah ketrampilan dengan cara berdialog dengan mereka yang tidak sejalan. Dan nasihat saya, daripada baca postingan negatif itu lebih baik makan ice cream biar kepala dingin! (Esther Idayanti).

Kata-kata yang Tajam Memulai Lebih Banyak Perang Daripada Peluru