.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Kepemimpinan Ditentukan Oleh Hasil, Bukan Atribut


Presiden Filipina, Duterte, sangat kontroversial. Ia terkesan sombong, bicara seenaknya, tidak peduli sopan santun internasional, dan bertangan besi terhadap pengedar narkoba hingga diprotes karena dianggap melanggar HAM. Tapi menurut artikel majalah TIME, rakyat Filipina mengelu-elukan Duterte karena ia pernah mengubah “kota gangster” Davao menjadi kota yang aman ketika ia menjadi walikota di sana. Duterte turun tangan sendiri mengelilingi kota, memeriksa pos polisi, dan mengecek penjara. Rupanya bagi rakyat, HASIL lebih penting daripada memiliki figur pemimpin yang nampak “terhormat” atau baik. Rakyat ingin keberhasilan Duterte di Davao dipraktekkan untuk seluruh negara.

Tidak jarang di kantor kita diperhadapkan untuk memilih antara orang baik/sopan namun tidak “perform” dan orang macam Duterte yang kasar tapi memberi hasil nyata. Mengapa orang tidak “perform”?

Hasil = Kemampuan x Motivasi
Kalau orang punya kemampuan tinggi tapi motivasi nol atau  rendah, maka hasil juga kecil. Punya motivasi tinggi tanpa kemampuan yang memadai juga tidak akan menghasilkan sesuatu yang berarti. Dua-duanya harus tinggi, baik kemampuan maupun motivasi.

Tidak Siap
Artikel di “The Authority” membahas mengapa sejak kemerdekaan Nigeria tidak ada satupun pemimpin yang “perform.” Menurutnya karena tidak ada yang siap! Mereka adalah “accidental leaders” yang tidak punya cetak biru untuk bangsa itu, menjabat hanya karena permainan politik semata. Penting untuk memiliki visi dan rencana yang matang.
Eksekusi
Ada pemimpin yang pandai membuat wacana dan rencana, tetapi dalam pelaksanaannya tidak memberi hasil. Macam-macam penyebabnya, dari tidak ada komitmen kuat, memilih tim yang salah, tidak “follow through,” dan tidak mengerti keseluruhan permasalahan. Ketika Anda menjadi pemimpin, Anda dituntut untuk memberi hasil. (Esther Idayanti)

Kepemimpinan yang Efektif Bukan tentang Berpidato atau Disukai Orang. Kepemimpinan Ditentukan Oleh Hasil, Bukan Atribut (Peter Drucker)