.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Enam Cara Hadapi Stres Saat Liburan


Jika Anda merupakan seorang pekerja yang sering menghadapi rutinitas bekerja yang padat setiap hari, tentu Anda akan merasa agak sedikit kebingungan terutama saat sedang masa penyembuhan akibat sakit.

Hari libur bisa menjadi waktu yang penuh tekanan bagi setiap orang, tanpa jadwal kerja atau sekolah yang biasa di lakukan akan cenderung menghadapi perasaan bosan, kesepian dan terisolasi.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan ketahanan mental dan emosional saat menghadapi liburan.

1. Memperlambat
Kesibukan dan kegaduhan saat menyambut liburan terkadang bisa agak membuat Anda merasa kewalahan. Penting sekali untuk berhenti sejenak dan menikmati saat ini. Nikmati saat tersebut, apa yang terlihat, apa yang terdengar, dan perusahaan Anda.

Berlatih untuk bermeditasi setiap hari dalam rutinitas Anda, jika Anda tidak punya waktu untuk duduk sejenak, maka berlatih untuk mengosongkan pikiran di manapun Anda berasa, saat sedang mengantri atau di jalan.

Berhenti, bernafas, amati sekitar Anda, dan rasakan sensasi tersebut dalam tubuh Anda.
2. Berhubungan dengan Orang Lain
Carilah pertolongan saat Anda merasa tertekan. Hubungan positif diketahui bisa meningkatkan kesehatan secara kejiwaan. Bertemu atau berbicara dengan teman dan keluarga bisa amat membantu, terutama saat sedang liburan.

3. Jangan Lupa untuk Tetap Bergerak
Jika Anda ingin tetap aktif, jangan sampai Anda melewati kelas yoga atau olahraga harian Anda hanya demi berbelanja atau persiapan pesta di hari libur. Latihan setiap hari merupakan faktor terpenting dalam membangun kebiasaan.

4. Pergi Keluar Ruangan
Meskipun cuaca sedang dingin, berada di luar rumah bisa membantu meningkatkan suasana hati dan rasa percaya diri serta meningkatkan fokus dan kreativitas. Terutama ketika berada di rimbunnya hutan dan alam liar.

5. Banyak Tertawa
Penelitian membuktikan kalau humor bisa menurunkan tingkat stress, baik secara kejiwaan dan ukuran suasana hati. Humor juga menunjukkan bisa meningkatkan kesehatan fisik dan tempat kerja dalam jangka waktu panjang.

Carilah sesuatu yang bisa membuat Anda tertawa, karena itu akan bermanfaat bagi pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. Selain itu juga menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit, menghilangkan amarah dan merubah pandangan Anda.
6. Ciptakan Kegiatan Baru Saat Liburan
Terutama bagi Anda yang sedang mencoba untuk mengubah kebiasaan tidak sehat, yang di lakukan setiap setiap hari selama bertahun - tahun. Cobalah untuk lebih aktif dan mencoba berbagai kegiatan yang sebelum nya tidak pernah terpikirkan.

via www.mindbodygreen.com
image : www.yogajournal.com