.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Kegunaan dari Asi Selain Untuk Bayi


Orang tua sekarang sudah mengetahui mengenai manfaat dan keuntungan dari susu asi dan bagaimana susu tersebut bisa membantu bayi mereka mencapai kesehatan optimal. Susu asi merupakan makanan yang disarankan untuk bayi selama enam bulan pertama mereka.

Susu ini memiliki banyak manfaat untuk mencegah berbagai penyakit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi.

Tapi tahukah Anda jika susu asi memiliki banyak kegunaan lain selain untuk diberikan pada bayi? berikut adalah tujuh kegunaan yang bisa di berikan oleh susu asi.
1. Puting Berkerak
Susu asi merupakan salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan retakan atau sakit pada puting. Jika Anda mengalami kerak atau retakan pada puting, ada kemungkinan besar bakteri bisa masuk dan menyebabkan mastitis. Susu asi merupakan cara terbaik untuk mencegah bakteri, setelah Anda selesai menyusui, Anda bisa mengeluarkan sedikit susu asi dan mengusapnya ke bagian retakan dan membiarkan nya mengering.

2. Cradle Cap
Beberapa ibu melaporkan bahwa mengusap susu asi pada kepala bayi bisa menyembuhkan cradle cap. Hanya saja perlu diperhatikan karena bisa saja akan terasa lengket, namun layak dicoba apabila Anda berminat.

3. Kelenjar Air Mata
Pada bayi yang baru lahir terkadang mata mereka akan menjadi mudah basah dengan air mata, hal ini disebabkan karena kelenjar air mata terhalang atau meradang, hal ini akan sembuh dengan sendiri nya, namun sedikit susu asi juga bisa membantu.

4. Bibir Pecah - Pecah
Anda juga bisa mengoleskan sedikit susu asi pada bibir bayi jika mereka terlihat pecah - pecah atau kering. Ini juga bisa digunakan pada anak - anak dan orang dewasa juga!

5. Ruam Popok atau Eksim pada Bayi
Pada tahun 2013 dan 2015 di temukan bahwa susu asi bisa juga digunakan sebagai alternatif untuk pengobatan kulit yaitu ruam popok dan eksim. Jadi Anda di sarankan untuk mengunakan susu asi dan mengusapkan nya pada kulit nya yang meradang.

6. Gigitan atau Sengatan Serangga
Susu asi juga ternyata bisa membantu gigitan nyamuk, sengatan lebah, atau serangan lain nya, seperti hal nya susu asi bisa membantu kondisi kulit. Ingat saja hal ini ketika Anda pergi berkemah bersama bayi.
7. Sengatan Matahari / Poison Ivy
Keduanya merupakan jenis iritasi kulit yang bisa di sembuhkan dengan sedikit susu asi. Anak yang agak dewasa atau orang dewasa mungkin merasa geli ketika mengunakan susu asi pada kulit mereka, namun manfaat nya biasa akan lebih baik daripada rasa geli mereka.

Jika Anda merasa ragu dengan manfaat susu asi, pertimbangkan bahwa susu asi tidak akan melukai, meski tidak memberi manfaat pada hal di atas. Tidak aneh jika Anda mengunakan susu asi selain untuk memberi makan bayi Anda.

Namun jika Anda khawatir, boleh di tanyakan pada dokter, suster, atau mereka yang memiliki pengetahuan kesehatan sebelum mencoba semua tips di atas.

Penulis : Susana Young