.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Kebiasaan Sehat dalam Sebuah Hubungan


Dengan mengingat bahwa sebuah hubungan itu di jalankan oleh dua orang, perlu di ingat bagaimana perasaan dari orang lain dan keinginan mereka dalam sebuah hubungan. Dengan memaksakan keinginan dan harapan Anda tidak akan membuat hubungan tersebut seperti yang Anda inginkan. Berikut beberapa kebiasaan dalam sebuah hubungan :

1. Mengerti Mengenai Diri Sendiri
Dalam hidup, langkah pertama untuk bisa mencintai orang lain dan mendapatkan kebahagiaan adalah dengan memahami diri Anda sendiri, mengetahui siapa diri Anda dan apa yang Anda percayai. Hanya dengan begitu Anda bisa menerima semua hal yang terjadi.

Anda bebas untuk mencintai ketika Anda bebas dari perasaan ego Anda.
2. Melepaskan Rasa Takut dan Tidak Aman
Dalam suatu hubungan, rasa takut dan tidak aman bisa menjadi racun yang akan menyebar dalam hubungan Anda. Anda mungkin merasa tidak puas dalam hubungan, atau hanya sekedar ingin mencari tantangan dari hidup Anda yang membosankan, namun semua itu tidak akan Anda dapatkan jika Anda tidak bisa melepaskan rasa takut dan tidak aman tersebut dari hubungan Anda.

3. Tidak Banyak Berharap
Apa yang Anda harapkan dari sebuah hubungan? Cinta? Rasa aman? Merasa dibutuhkan? Semua itu adalah pemicu kegagalan dalam hubungan, baik Anda menyadarinya atau tidak, Anda menjalin sebuah hubungan berdasarkan semua harapan tersebut.

Anda berharap semua bisa terjadi dalam hubungan, dan ketika harapan Anda tidak terkabulkan, maka hubungan itu akan menjadi rapuh. Tanyakan pada diri Anda, apakah hubungan ini hanya demi memuaskan ego Anda?

4. Utamakan Komunikasi
Dalam sebuah hubungan, komunikasi adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan komunikasi yang kuat dalam sebuah hubungan sama dengan fondasi kuat pada sebuah rumah, dimana meskipun terjadi kerusakan pada beberapa tempat di rumah tersebut, selama fondasi nya kuat maka rumah akan bisa dibangun kembali.

Setiap orang memiliki cara berkomunikasi yang unik, cara sederhana untuk menjaga dan memupuk komunikasi yang kuat adalah dengan memposisikan diri Anda sebagai orang lain. Pikirkan bagaimana Anda ingin diperlakukan.

5. Cinta Tanpa Syarat
Fondasi dalam sebuah hubungan yang hebat adalah mencintai tanpa syarat. Cinta tanpa syarat adalah ketika Anda mencintai dan tidak mengharapkan apapun dari hal tersebut. Untuk menyayangi orang lain tanpa meminta imbalan.

Contoh paling utama bisa dilihat pada orang tua, yang mencintai anak nya tanpa berharap imbalan. Cinta orang tua akan tetap ada meskipun sang anak tidak membalas nya, karena orang tua hanya berharap yang terbaik bagi anak nya.

6. Kejujuran Merupakan Kebijakan Terbaik
Tidak perlu diragukan kalau salah satu kunci kesuksesan dalam sebuah hubungan adalah kejujuran, keterbukaan dan rasa saling percaya. Kejujuran membangun kepercayaan yang kemudian penting untuk menghadapi setiap masalah yang ada.

Tidak hanya mengembangkan kepercayaan dan rasa hormat dari orang lain, itu juga membantu untuk menjaga hubungan jangka panjang. Sebuah hubungan kuat berbasis kejujuran bisa bertahan dari hampir setiap masalah.

7. Kebebasan Bagi Anda dan Pasangan Anda
Seperti yang pernah di bahas sebelumnya, terlalu berharap terkadang bisa menjadi beban dan memberikan tekanan dalam sebuah hubungan. Berbalik dari hal tersebut adalah cinta tanpa syarat, yang memberikan kebebasan dari berbagai aturan dan kebiasaan.
Terkadang seseorang tanpa sadar mencoba untuk mengkekang pasangan nya. Berharap bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan pasangan nya, menginginkan mereka tidak melakukan aktivitas tertentu, menginginkan respon tertentu, dan menolak dengan berbagai sikap.

Penulis : Susana Young