.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tiga Inspirasi dari Kepemimpinan Damai


Mahatma Gandhi, Nelson Mandela, Martin Luther King Jr, dikenal sebagai pemimpin yang mengubah wajah sebuah bangsa, bahkan berdampak pada dunia.  Mereka kuat dalam diam, dan berperang lewat perdamaian.  Gandhi pernah dipukuli oleh orang kulit putih, ditahan tanpa pengadilan, dihina di depan umum.  Nelson Mandela dipenjara 27 tahun, diharuskan kerja paksa, bahkan dikencingi oleh penjaga penjara.  Martin Luther King Jr. diancam, dipenjara, dan rumahnya dibom.  Para pemimpin ini mengalami tekanan dan ketidakadilan di luar batas, tetapi mengapa mereka bisa menang dengan damai?

Miliki Kapasitas Untuk Menderita
Martin Luther King Jr.: “Kami akan menandingi kapasitas Anda untuk menimbulkan penderitaan dengan kapasitas kami untuk bertahan dalam penderitaan. Kami akan mempertemukan kekuatan fisik Anda dengan kekuatan jiwa kami.  Lakukan pada kami apa yang Anda inginkan, dan kami akan terus mengasihi Anda... Lemparkan kami ke penjara, dan kami tetap mengasihi Anda.  Ledakkan rumah-rumah kami dan ancam anak-anak kami, dan kami akan tetap mengasihi Anda.  Kirimkan pelaku kekerasan dalam komunitas kami pada tengah malam dan memukuli lalu meninggalkan kami setengah mati, dan kami akan tetap mengasihi Anda.  Kami akan melelahkan Anda dengan kapasitas kami untuk menderita.“

Mampu Menahan Perasaan
Nelson Mandela: “Karena kami menghindari saling membantai, kami harus menahan perasaan kami. Ini satu-satunya cara untuk menciptakan transformasi yang damai...  Di negara-negara di mana orang-orang tak bersalah meninggal, para pemimpin mereka lebih mengikuti darah dari pada otak mereka.”
Berpegang pada Yang Benar
Gandhi: “Ketika saya sedang putus asa, saya ingat bahwa sepanjang sejarah, jalan kebenaran dan kasih selalu menang. Ada penguasa kejam dan pembunuh, untuk beberapa saat mereka nampaknya tak terkalahkan, tetapi pada akhirnya mereka selalu jatuh.” (Esther Idayanti)

Ketika Anda Diperhadapkan Dengan Musuh, Kalahkan Dia Dengan Kasih (Mahatma Gandhi)

Image : infonitas.com