.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Cara Menginspirasi Ulang Kreativitas dalam Pekerjaan


Kita semua pernah melalui masa dimana kreativitas terhambat. Seperti ada tembok yang menghalangi keinginan untuk bekerja seperti dulu lagi. Untungnya ada beberapa cara untuk bisa mengatasi nya dan menjadi kreatif kembali.

Ketika Anda merasa kurang ide kreatif, biasanya hal ini disebabkan karena minim nya kewaspadaan, jadi jawaban untuk hal ini adalah dengan mengembangkan kewaspadaaan dan mengijinkan kemungkinan baru. Ketika kewaspadaan Anda berkembang, ide - ide kreatif akan mengalir dan Anda bisa kembali melesat ke depan.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mentok pada kreativitas Anda? Berikut adalah 10 cara yang bisa digunakan untuk mengembangkan kewaspadaan dan membantu Anda untuk tidak lagi mentok.

1. Jelajahi Berbagai Gerakan Baru
Anda mungkin tahu kalau olahraga teratur penting untuk kesehatan dan kebahagiaan Anda, tapi Anda bisa jadi tidak menyadari kalau itu juga penting bagi kreativitas Anda. Melalui gerakan fisik, Anda bisa merubah tenaga tidak hanya pada tubuh Anda tapi juga pada pikiran Anda.

Gerakan yang berbeda memiliki efek berbeda pada tubuh Anda. Dengan mencoba berbagai gerakan baru dan unik, Anda bisa jadi mendapati solusi baru atau inspirasi kreatif. Ada beberapa opsi yang bisa Anda coba seperti berlari, berjalan, yoga, tai chi, qi gong, berbagai kelas dansa, mengangkat beban, dan sebagainya.
2. Tidur Siang
Akan ada waktu dimana Anda mengalami pemikiran negatif atau terlalu banyak pikiran, atau mungkin Anda hanya kelelahan. Dengan mengambil sedikit waktu untuk tidur siang bisa membantu untuk menghilangkan pikiran negatif tersebut dan menyegarkan tubuh serta pikiran Anda.

Penelitian membuktikan bahwa tidur siang bisa meningkatkan suasana hati, performa, dan menciptakan fokus yang lebih baik. Selain itu bisa jadi saat tidur Anda bisa mendapatkan inspirasi atau pengertian lebih dalam.

3. Memiliki Percakapan Serius
Jika Anda merasa mentok, membicarakan apa yang Anda pikirkan kepada orang lain bisa jadi akan mendapatkan pemikiran yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda.

Manusia adalah mahluk sosial dan tidak ada hal hebat yang terjadi ketika dalam kesendirian namun bisa terjadi dalam kerja sama, karena itu adalah hal yang alami. Selain itu jika pikiran Anda merasa terbebani, itu juga bisa menghambat Anda untuk menjadi kreatif.

Bicarakan hal tersebut pada teman atau lakukan percakapan serius pada apa yang menjadi beban pikiran Anda, dan kembali bekerja dengan pemikiran baru yang lebih segar!

4. Mengambil Waktu Istirahat atau Pekerjaan Lain
Albert Einstein terkenal suka mengambil waktu istirahat dari penemuan nya untuk berlatih biola. Elon Musk sibuk tidak hanya mengembangkan roket luar angkasa nya, namun juga melakukan berbagai proyek lain nya.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan secara sengaja berpindah dari satu proyek ke proyek lain atau mengambil waktu istirahat bisa meningkatkan kreativitas. Mengambil waktu istirahat dari proyek tertentu bisa disebut sebagai masa inkubasi.

Biarkan pikiran Anda mendapatkan masa inkubasi ini dengan mengalihkan perhatian Anda pada hal lain dari otak untuk bisa mendapatkan pandangan baru.

5. Mengunakan Pulpen dan Kertas
Sebuah penelitian dikeluarkan oleh Journal of the Association for Psychological Science melaporkan bahwa menulis dengan pulpen dan kertas dibandingkan mengetik ternyata membantu meningkatkan pemikiran kreatif. Lepaskan diri Anda sejenak dari komputer Anda dan tulis apa ide Anda pada sehelai kertas.

6. Pergi Keluar
Tahukah Anda bahwa perubahan suasana lingkungan amat disarankan untuk mengisi ulang tenaga dan membuat Anda merasa lebih baik. Jika Anda merasa mentok dan butuh inspirasi, pergi keluar bisa mengisi dan mencerahkan pemikiran Anda menjadi lebih baik.

7. Manjakan Indera Anda
Bermain dengan indera bisa mengembangkan kewaspadaan dan mendapatkan pandangan baru dan pemikiran kreatif, selain itu juga menyenangkan. Mendengarkan musik, makan makanan enak, mencari sesuatu yang indah atau menarik, memijat tubuh, atau mengunakan aroma terapi.

8. Menyerah atau Menerima Kegagalan
Kreativitas membutuhkan Anda untuk tetap dalam posisi yang tidak menentu. Penting untuk menyadari bahwa ide tidak selama nya akan berhasil. Ide kreatif terlihat membingungkan dan tidak meyakinkan, dan bahkan bisa saja mengalami kegagalan, Anda hanya perlu mengingat kalau ide Anda bukanlah diri Anda.

Jika sebuah ide tidak berjalan dengan baik, bukan berarti Anda itu orang yang gagal, jadi berhenti untuk melukai perasaan Anda sendiri. Menyerah pada sebuah ide kreatif yang tidak berjalan mungkin hal yang Anda perlu lakukan untuk kemudian mencari ide berikut nya.

9. Pengalihan yang Sehat
Suara atau pengalihan bisa jadi membantu untuk meningkatkan kreativitas atau pemikiran Anda. Jika Anda merasa buntu dan suasana disekitar terasa sunyi, coba untuk pergi keluar atau bekerja di kedai kopi, siapa tahu hal tersebut bisa membantu kreativitas Anda bekerja kembali.
10. Berada Disaat Ini
Berhenti membandingkan hari ini dengan kemarin. Lepaskan pikiran yang lalu dan masa depan yang penuh kekhawatiran, kedua hal tersebut bisa mengalihkan diri Anda. Fokus pada apa yang ada saat ini. Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menutup mata, fokus pada pernafasan dan berkata "Aku adalah orang baru di saat ini."

Dan jika semua hal di atas tidak bisa membantu Anda mendapatkan kembali inspirasi dan kreativitas atau membuat Anda keluar dari perasaan buntu, ingat bahwa "Inspirasi itu untuk amatir, beberapa dari kita hanya perlu untuk tampil dan mulai bekerja" -Chuck Close

Penulis : Susana Young