.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Ciri - Ciri Persahabatan Sejati


Apa yang membuat sebuah pertemanan itu sempurna? Bagaimana caranya mencari dan mempertahankan teman yang bisa mendukung dan menguatkan diri Anda? Bagaimana bisa mempertahankan persahabatan di tengah tuntutan dari pekerjaan, keluarga, dan tanggung jawab lainnya?

Tentu saja Anda perlu untuk berjuang keras untuk selalu berhubungan dengan teman. Namun tidak semua teman patut untuk dipertahankan, hanya beberapa yang sering bersama melalui banyak kesulitan dan kebahagiaan lah yang harus di pertahankan.

Berikut adalah tujuh ciri pada persahabatan yang bisa Anda pertahankan:
1. Teman yang Memiliki Empati
Empati adalah kemampuan untuk mencoba secara aktif merasakan apa yang di rasakan oleh orang lain. Anda mungkin sering mendengarkan mengenai keluhan seorang teman dan dengan segera mencoba merasakan bagaimana jika hal tersebut terjadi pada Anda dan menambahkan pengalaman Anda kedalamnya.

Terkadang, hal terbaik yang bisa di lakukan seorang teman adalah dengan aktif mendengarkan.

2. Teman yang Tidak Egois
Teman yang paling bahagia dan berpikir positif adalah mereka yang tidak sombong, yang peduli, dan tidak egois. Mereka memahami pengalaman hidup mereka namun tidak terjebak dalam masalah mereka sendiri. Melainkan mereka sering bertindak untuk membantu orang lain menyelesaikan masalah.

3. Teman yang Bisa Dipercaya
Bisa dipercaya merupakan ciri yang penting untuk mengerti bahwa persahabatan yang sejati adalah dimana Anda dan sahabat Anda bisa saling mempercayai. Teman yang bisa dipercaya bisa mengingatkan Anda bahwa Anda tidak sendiri dan memperkuat Anda untuk menjadi orang yang lebih baik.

4. Teman yang Memiliki Ketertarikan yang Sama
Baik dari masalah hobi, olahraga, tujuan, pendidikan, nilai tertentu atau mungkin keagamaan, terkadang seseorang lebih menikmati meluangkan waktu bersama dengan seseorang yang memiliki ketertarikan yang sama. Ini bisa membantu untuk lebih mudah akrab dan mempererat hubungan persahabatan.

5. Teman yang Memiliki Latar Belakang dan Pandangan Berbeda
Waktu dimana Anda bisa berkembang sebagai manusia, baik secara pribadi maupun professional, adalah ketika Anda memiliki kesempatan untuk mendengarkan seseorang yang berbeda dari Anda. Terkadang Anda berada pada pola pikir yang sama karena selalu bergaul dengan orang - orang yang setuju dengan Anda atau melakukan hal yang sama dengan anda.

Teman yang menawarkan pandangan, ide, pengalaman dan nasihat baru bisa membantu untuk mempelajari hal mengenai diri Anda sendiri lebih dalam dan membuat Anda tumbuh menjadi manusia yang lebih baik. Teman dengan berbagai latar belakang berbeda bisa membantu seseorang yang memiliki pemikiran yang kaku menjadi lebih fleksible dan berkembang.

6. Teman yang Humoris
Teman terbaik adalah mereka yang tahu bagaimana cara untuk membuat Anda tertawa dan yang selalu penuh dengan semangat. Merekalah yang membawakan Anda kegembiraan, harapan, dan kenyamanan meskipun Anda berada dalam situasi yang sulit.
7. Teman yang Merupakan Andalan dalam Tim
Ciri yang mungkin Anda pernah pelajari saat kecil namun terlupakan. Menjadi seseorang yang bisa di andalkan dalam sebuah tim dan mengedepankan kebutuhan orang lain sebelum diri mereka sendiri untuk mencapai tujuan adalah hal yang sering disebut persahabatan.

Berkomunikasi, bekerjasama, dan aktif mendengarkan adalah ciri penting dalam sebuah tim yang sukses.

Menghubungi teman bukanlah sebuah beban atau suatu hal yang perlu dijadwalkan. Pastikan bahwa berkomunikasi dengan teman merupakan bagian harian pada kegiatan Anda. Selain itu hindari pengunaan telepon saat bersama dengan teman - teman Anda untuk menciptakan waktu yang berharga.

Penulis : Susana Young