.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Hal Tentang Melahirkan yang Tidak Diberitahukan Dokter


Setelah berbulan - bulan menunggu kehadiran si bayi di tengah keluarga, tentu Anda yang sedang mengandung saat ini ingin sekali mencari berbagai informasi mengenai kehamilan yang perlu Anda ketahui.

Meski begitu, terkadang akan ada beberapa hal yang dokter tidak katakan kepada Anda dengan tujuan tertentu, untuk itu berikut adalah 10 hal yang tidak diberitahukan oleh dokter kepada ibu yang mengandung.

1. Bayi Anda Mungkin Tidak Akan Sebesar yang Anda Kira
Jika dokter memberitahukan bahwa bayi Anda besar, sadari kalau ukuran dan berat hanyalah perkiraan. Pemeriksaan mengunakan ultrasonic pun terkadang bisa meleset satu atau dua pound.
Banyak dokter yang kemudian menyarankan bagi mereka yang di ukur sebagai besar untuk melakukan terapi atau operasi caesar, namun biasanya berat bayi ini tergolong normal. Selain itu jika kehamilan Anda ternyata sehat, tidak ada alasan untuk mengambil keputusan tanpa mengijinkan tubuh Anda bekerja seperti yang sudah didesain.

2. Anda Tidak Harus Mendorong
Jika Anda khawatir mengenai bagaimana harus mendorong dan berapa lama harus mendorong, tidak usah pusing. Karena yang tidak Anda ketahui adalah ketika hendak melahirkan, akan ada bantuan dari tubuh Anda yang akan mengeluarkan bayi dari tubuh Anda.

Memang akan ada reaksi dari tubuh yang mendorong bayi keluar, tapi mendorong juga ternyata memberikan stress pada tubuh, karena itu saran yang paling terbaik adalah dengan melakukan apa yang terasa nyaman bagi Anda.

3. Mempercantik Diri
Anda mungkin ingin memesan kegiatan manicure atau pedicure sebelum pergi ke rumah sakit, namun sebenarnya dokter tidak memperdulikan hal seperti itu, bahkan jika Anda mandi shower.

Jika melakukan hal tersebut membuat Anda merasa lebih nyaman, maka lakukan saja hal tersebut.
4. Anda bisa Makan Menjelang Melahirkan
Anda mungkin saja tidak memiliki nafsu untuk makan saat kontraksi, namun jika Anda merasa lapar maka Anda harus makan. Tubuh akan bekerja lebih baik saat tidak dehidrasi dan ternutrisi dengan baik.

Akan tetapi, saat Anda di rumah sakit, Anda mungkin tidak akan diijinkan untuk makan. Rumah sakit memiliki kebijakan untuk mencegah Anda menginginkan makanan ketika Anda harus melakukan operasi caesar.

5. Anda Bisa Saja Muntah dan Buang Air Besar
Meskipun ini merupakan salah satu hal yang di takuti, realitanya banyak sekali wanita yang muntah saat sedang melahirkan dan mengeluarkan kotoran saat mendorong bayi keluar. Bukan tidak menyenangkan, melainkan realitanya dokter, perawat, atau asisten Anda tidak akan peduli dengan hal tersebut.

6. Anda Memiliki Lebih Banyak Waktu dari yang Anda Kira
Ketika air ketuban Anda pecah dan kelahiran tidak langsung terjadi, banyak penasihat akan menyarankan Anda untuk segera terapi atau mengatakan bahwa Anda memiliki 24 jam untuk melahirkan sampai Anda dirawat untuk mencegah infeksi.

Walau ada beberapa wanita yang memiiki resiko terkena infeksi, 72 jam sebelum terapi adalah waktu yang aman untuk melakukan kelahiran.

7. Anda Tidak Harus Mendorong dengan Punggung
Anda mungkin berpikir bahwa saat mendorong harus di kasur rumah sakit, namun gravitasi bekerja lebih baik jika Anda di posisi yang lebih tinggi atau squat. Jika Anda merasa mendorong dari samping, dengan tangan dan lutut atau punggung terasa nyaman, maka lakukan hal tersebut.

8. Episiotomy Sudah Tidak Lagi Relevan
Pada tahun 2006, ACOG (American Congress of Obstetricians and Gynecologists) mengeluarkan rekomendasi untuk tidak melakukan episiotomies. Di bulan juni, mereka mengeluarkan buletin latihan yang membahas mengenai cara OB/GYN bisa mengurangi resiko prosedur dan robek pada vagina.

Sebelum Anda melahirkan, tanya kepada penasihat Anda sberapa sering dibutuhkan untuk melakukan prosedur. 10 persen adalah ideal, dan lebih kecil ketika istri masih muda.

9. Anda Tidak Perlu Lampu Menyorot pada Anda
Ketika Anda hendak mulai melahirkan, dokter biasanya akan mengunakan lampu yang terang di atas kepala. Meskipun ini bisa membantu untuk melihat lebih baik, namun ini adalah hal terbalik yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk melalui proses melahirkan.
10. Jangan Mengundang Orang Terlalu Banyak
Anda mungkin ingin agar anggota keluarga atau teman ada di sisi Anda, namun pikirkan bagaimana Anda ingin agar proses melahirkan itu menjadi seperti apa. Melahirkan adalah proses yang intim dan pengalaman pribadi, jadi semakin sedikit orang, semakin tenang dan menjadi lebih bahagia.

Penulis : Susana Young