.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sembilan Tanda Anda Tanpa Sadar Tersiksa Secara Emosional


Penyiksaan bisa terjadi tanpa ada bukti kekerasan secara fisik. Perhatikan beberapa tanda berikut yang bisa saja merupakan siksaan emosional dalam sebuah hubungan.

1. Anda Tidak Memiliki Kendali
Kehilangan kendali merupakan hal yang umum nya di rasakan oleh mereka yang sedang tersiksa secara kejiwaan. Merasakan bahwa pasangan Anda mengendalikan hidup Anda merupakan bendera merah dalam siksaan secara emosional.

2. Anda Tidak Lagi Mengendalikan Keuangan Pribadi
Memiliki keuangan pribadi amat penting dalam sebuah hubungan. Dalam sebuah hubungan yang penuh dengan siksaan secara kejiwaan, biasanya semua uang Anda akan di pegang oleh pasangan Anda.
3. Anda Sedang Dikucilkan
Pasangan yang menyiksa secara emosional bisa mencoba untuk memutuskan hubungan Anda dengan dunia luar, baik dari acara sosial, ikut campur dengan hubungan keluarga dan teman, atau menjaga Anda untuk tidak berpergian.

Mereka yang suka menyiksa tentu saja akan menyimpan rahasia tersebut dari keluarga dan orang lain.

4. Rasa Percaya Diri Anda Menurun
Jika pasangan Anda sering merendahkan Anda dan tidak menghargai pemikiran Anda, Dia akan bisa merusak rasa percaya diri Anda. Anda bisa jadi akan merasa sangat malu, dan menyalahkan diri Anda dan malu pada setiap hal yang terjadi.

5. Anda Mendapatkan Ancaman dari Sikapnya
Terkadang dengan tatapan atau gerakan akan menunjukkan bahwa mereka tidak menyetujui hal yang Anda lakukan. Kelakuan seperti ini bisa meningkat menjadi makian dan melukai Anda secara verbal.

Tidak peduli apakah ancaman tersebut nyata atau tidak, Anda akan merasa terganggu jika harus mendengar hal tersebut setiap hari.

6. Anak Anda Menjadi Sandera
Mereka yang suka bersikap menyiksa bisa jadi akan mencari sandera terutama anak untuk mengendalikan Anda. Mengatakan bahwa Anda jahat atau tidak becus di depan anak Anda biasanya taktik yang paling sering dilakukan.

7. Anda Tidak Lagi Berhubungan dengan Teman dan Keluarga
Seperti yang tertera pada nomor 3. Mencegah Anda untuk bisa berhubungan dengan teman dan keluarga merupakan tanda yang harus di perhatikan akan penyiksaan secara emosional.

8. Mereka Melempar Beda Di Sekitar Anda
Melempar atau menghancurkan benda adalah tindakan kekerasan, bahkan jika hal tersebut tidak diarahkan kepada Anda. Memukul atau menendang tembok, furnitur, atau pintu, atau melempar beda merupakan tanda jelas akan penyiksaan emosional.
9. Anda Mencari Tahu "Penyiksaan Secara Emosional"
Jika Anda sering mencari tahu mengenai penyiksaan secara emosional, kecuali Anda sedang mengumpulkan informasi untuk pekerjaan, maka perlu di waspadai jika Anda sedang berada dalam situasi tersebut.

Penulis : Susana Young
Image :  www.shayari7.com