.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sembilan Cara Agar Anak Mau Tidur Sendiri Di Kamar Barunya


Ayah ibu pasti senang bisa tidur bersama dengan buah hati nya, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan terlalu lama. Terlebih lagi ketika sang buah hati sudah merasa betah tidur bersama ayah - ibu nya dan enggan untuk pindah ke kamar baru nya.

Lalu bagaimana cara nya agar anak mau tidur di kamar barunya? Berikut adalah beberapa tips dari para ahli untuk menghentikan kebiasaan anak tidur bersama orang tua dan mendapatkan kembali tempat tidur Anda.

1. Ajari Anak Anda untuk Bisa Tertidur dengan Sendirinya
Jika sang buah hati perlu dekapan orang tua untuk bisa tertidur, hal ini akan terasa agak sulit untuk membuat mereka bisa tertidur di kamarnya sendiri. Latih anak agar bisa tertidur dengan sendiri nya sebelum Anda memulai perubahan.

2. Atur Rencana Berdasarkan Kepribadian Anak
Setiap anak itu berbeda, dan apa yang bisa berhasil untuk satu anak belum tentu berhasil untuk yang berikutnya. Semua bergantung pada kepribadian dari buah hati Anda. Beberapa mungkin bisa tertidur ketika orang tua mereka duduk disamping mereka, dan cara lainnya.
3. Jangan Plin-plan
Ketika Anda menerapkan kebiasaan baru untuk tidur si buah hati, jangan bersikap plin-plan, karena Anda akan memberikan dan mendorong kebiasaan yang tidak diinginkan.

4. Kerjasama dengan Pengasuh Lain
Sebelum Anda memulainya, pastikan kalau Anda memiliki pemikiran yang sama dengan pengasuh anak lainnya. Ini berarti Ayah, Nenek, dan pengurus anak Anda setuju dengan rencana Anda.

5. Tidur Bersamanya Di Kamar Baru
Tidak adil jika Anda mengharap si kecil untuk bisa tertidur di ruangan yang asing baginya sendirian, terutama jika si kecil sering tidur di ruangan Anda selama ini. Pindah ke kamar baru bersama si kecil sekitar satu minggu, dan setelah anak Anda merasa nyaman dengan kamar barunya, Anda bisa mulai pindah ke ruangan Anda sendiri.

6. Buat Ruangan Si Kecil Terasa Istimewa
Buat ruangan si kecil menjadi terasa istimewa sebelum memindahkan nya. Mungkin bisa dengan memiliki sprei baru atau piyama baru atau mungkin membeli beberapa buku cerita baru sebagai dongeng sebelum tidur.

7. Pilih Tanggal yang Tepat
Pastikan kalau tanggal pindahan si kecil ke kamar barunya tidak bertabrakan dengan event besar, seperti kedatangan tamu atau liburan.

8. Berikan Sikecil Benda Sebagai Pengalih
Bisa dengan mengunakan boneka beruang untuk teman tidur, atau dengan mengunakan baju yang Anda pakai di dekatnya jadi si kecil akan mencium bau Anda dan merasa Anda bersamanya.
9. Bersabar
Ini bisa jadi merupakan perpindahan yang berat, namun bersabar dan konsisten adalah kuncinya. Ingatkan diri Anda bahwa proses ini bisa memakan waktu sekitar tiga minggu, namun setelah semua ini selesai, Anda bisa mendapatkan waktu malam Anda kembali.

Penulis : Susana Young
Image : kidspot