.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Prinsip Kepemimpinan di Era Digital Tidak Pernah Berubah


Sebenarnya prinsip dasar kepemimpinan tidak berubah sepanjang zaman. Namun perkembangan dunia digital dan informasi yang pesat membuat kepemimpinan harus menyesuaikan diri.

Cara Bekerja, berkomunikasi, marketing, semua berubah karena adanya perkembangan dunia digital. Ada manfaatnya tetapi juga ada resikonya. Pelatihan pemimpin kini termasuk bagaimana memimpin video conference, menulis email, menginspirasi dengan cara digital. Karena perkembangan teknologi sangat cepat, berarti pemimpin era ini harus terus belajar.

Shared Power
Untuk generasi ini, dialog dan kolaborasi lebih populer daripada perintah satu arah. Kepemimpinan masa depan lebih berupa manajer dari sebuah komunitas, daripada pemimpin yang otoriter.  

Manusiawi
Klaus Schwab, founder dari World Economic Forum di Davos berkata bahwa revolusi digital saat ini membutuhkan kepemimpinan yang berbeda, yaitu yang lebih manusiawi.  Makin tinggi posisi seorang pemimpin, makin besar kebutuhan “soft skill” atau kemampuannya berinteraksi secara harmonis dan efektif dengan orang lain.  Dan ternyata, walaupun kini kepemimpinan jarak jauh lewat cara-cara digital sudah bisa dilakukan (videoconference, email,  dll), orang tetap membutuhkan kepemimpinan tatap muka.  Psikolog mengatakan lebih dari 70% dampak dari seorang pemimpin tergantung faktor-faktor non verbal. Masih dipertanyakan bagaimana menginspirasi dan membangun kepercayaan jarak jauh. “Leading by example” masih dibutuhkan (Esther Idayanti)
Dalam Era Digital, Jangan Sampai Teknologi Melebihi Kemanusiaan Kita