.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Enam Cara Dapatkan Kebahagiaan Lebih Dengan Uang Anda


Ketika dipikirkan dengan baik bagaimana Anda menghabiskan uang nya secara bijak, biasa nya Anda akan lebih fokus dalam mendapatkan yang terbaik namun dengan harga terendah.

Anda membandingkan tiap toko dan mendownload berbagai aplikasi hape untuk mendapatkan diskon dan penawaran, tergoda akan spesial harian atau penawaran dengan batas waktu.

Bagi Anda yang sering tergoda akan spesial harian dan penawaran terbatas mungkin terasa beruntung jika memiliki uang lebih, namun bisakah Anda mendefinisikan kebijakan dalam berbelanja dengan kebahagiaan yang di dapatkan?

Apakah hal yang Anda belanjakan memberikan Anda kebahagiaan?

Kebanyakan orang tidak mengetahui tentang kebahagiaan, bagaimana hal itu datang dan bagaimana mempertahankan, jadi mereka juga tidak tahu bagaimana cara mengunakan uang untuk mendapatkan nya.

Untungnya beberapa tahun penelitian menyelidiki apa saja yang di belanjakan bisa mempengaruhi emosi Anda, dan membantu untuk merubah pengeluaran menjadi kebahagiaan. Kuncinya adalah bagaimana mengeluarkan uang untuk membantu Anda lebih dekat dengan orang lain.
1. Keluarkan Uang Pada Pengalaman
Mengeluarkan uang untuk meminum kopi di kafe bersama teman atau bermain di tempat baru dan sejenisnya yang menjadi sebuah pengalaman dipercaya mampu memberikan kebahagiaan.

Namun ada juga yang bertanya mengenai benda seperti mobil, motor, atau buku, namun terkadang Anda sudah mengerti antara membeli barang atau pengalaman. Peneliti mengatakan bahwa pengalaman di dapat saat Anda membeli sesuatu untuk melakukan hal tertentu, yang merupakan bentuk ingin memiliki seperti barang material.

2. Lebih Baik Lagi, Keluarkan Uang untuk Pengalaman yang Bisa Dibagi Bersama
Ketika Anda mengeluarkan uang untuk mendapatkan pengalaman yang berharga, katakan lah ber-ski di kutub utara, atau bersantai di hawai. Besar kemungkinan Anda akan lebih bahagia ketika membagikan pengalaman tersebut kepada oranglain.

Dengan menganti sedikit pandangan Anda, Anda bisa merubah kebahagiaan dari ingin memiliki sesuatu dengan mendapatkan pengalaman dari yang bisa di tawarkan barang tersebut. Jadi daripada Anda fokus untuk membeli musik atau televisi baru berukuran besar tersebut, lebih baik memikirkan acara apa yang bisa Anda tonton bersama pasangan Anda dengan tv baru tersebut.

3. Mengeluarkan Uang untuk Orang Lain
Penelitian menunjukkan bahwa membelikan secangkir latte untuk orang lain bisa membuat Anda sedikit lebih bahagia, namun tentu saja membayarkan orang setiap kali mereka berbelanja bukanlah hal yang bijak.

Pengeluaran yang bisa membuat Anda lebih bahagia adalah ketika pengeluaran tersebut berhubungan dengan aksi sosial bersama orang lain, misal ngopi bareng.

4. Mengeluarkan Uang untuk Orang yang Tepat
Ketika mengeluarkan uang untuk orang lain, biasanya seseorang akan jauh lebih pemilih. Mereka akan lebih memilih untuk mengeluarkan uang untuk keluarga dan mereka yang memang jauh lebih membutuhkan.

Manusia pada umum nya akan lebih mudah mengeluarkan uang untuk menyumbang pada hal yang bisa mereka rasakan, perbandingan antara menyumbang untuk UNICEF atau membelikan jaring untuk mencegah penyakit malaria dan menyelamatkan seorang anak, justru jauh lebih besar yang membelikan jaring.

5. Mengeluarkan Uang untuk Jat Diri Anda
Meskipun banyak penelitian mengenai bagaimana seseorang akan mendapatkan kebahagiaan lebih dengan membayarkan kopi atau menyumbangkan uang, Anda merasa tidak yakin. Tentu saja mungkin itu berlaku untuk orang lain, tapi tidak bagi Anda.

Namun ada hal lain yang ternyata bisa memberikan kebahagiaan, yaitu mengeluarkan uang untuk jati diri Anda.

Yang disebut dengan mengeluarkan uang untuk jati diri Anda adalah perasaan dimana uang bisa memberikan Anda kehidupan yang Anda inginkan. Di mana jika Anda adalah seseorang yang suka bepergian, Anda akan lebih royal dalam mengeluarkan uang untuk membeli tiket dan penginapan dibandingkan yang tidak.
6. Tidak Terlalu Memikirkan Mengenai Pengeluaran
Pada akhir nya, cara terbaik untuk mendapatkan kebahagiaan melalui pengeluaran adalah dengan tidak terlalu berfokus pada pengeluaran tersebut.

Contohnya Orang dewasa akan jauh lebih bahagia menjelang natal, merasa lebih puas, lebih positif, dan tidak terlalu stress pada musim liburan tersebut, dimana mereka lebih menekankan pada keluarga, agama dan memberi serta menerima.

Penelitian terbaru menunjukkan, mereka yang lebih menghargai waktu dibandingkan uang cenderung lebih puas dengan hidup mereka, dan merasa lebih positif.

Tentu saja adalah sebuah kesalahan jika menganggap bahwa semua kebahagiaan bisa dibeli dengan uang. Namun dengan menghiraukan pengunaan uang juga merupakan kesalahan yang sama. Membeli adalah kesempatan untuk mengeluarkan karakter Anda, berhubungan dengan yang lain, dan menciptakan sebuah cerita kehidupan, jadi apakah semua uang itu keluar dengan baik?

Penulis : Susana Young