.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tiga Cara Melupakan Hal Menyakitkan dalam Hidup


Buat yang baru patah hati, melupakan mantan adalah perjuangan, "Ia begitu menarik dan keren. Semakin saya berusaha melupakannya, semakin saya teringat padanya,”  Semakin kita berusaha melupakan dan menekan, ingatan itu semakin timbul. Ternyata bukan cuma urusan patah hati, tetapi urusan lain seperti diet, berusaha berhenti merokok, atau mengubah kebiasaan buruk juga berlaku hal ini. Menurut penelitian, semakin kita menekan pikiran tentang sesuatu hal, justru pikiran itu akan memenuhi benak kita ketika tembok pertahanan kita sedang turun, dan pada kenyataannya, tidak ada orang yang terus-menerus kuat pertahanannya. Jadi bagaimana melupakannya?

Jangan Tekan, Tapi Gantikan.
Jangan pikirkan “Lupakan dia... dia.. dia..,” tapi gantikan dengan “Pada saat yang tepat, Tuhan akan memberikan seseorang yang tepat buatku, tapi saat ini aku mau menikmati jadi jomblo.”  Jangan menekan pikiran tentang makanan, “Gak boleh makan cake yang lezat itu.”  Tapi fokuskan pikiran pada hal lain, “Aku akan nampak lebih menarik mengenakan baju itu.”

Buat Rencana
Kenali diri Anda dan buat rencana bila godaan itu datang. Contohnya, kalau lagi kangen mantan, jangan pasang lagu romantis atau nonton sinetron Korea, sekali-kali nontonlah sepak bola atau Upin Ipin. Contohnya lain, kalau godaan untuk merokok datang, ambil waktu untuk keluar sebentar, minum air atau lakukan yang lain.
Berdoa
Riset menunjukkan bahwa ternyata berdoa/bermeditasi/merenung  melatih kita untuk memfokuskan perhatian dan mendisiplinkan pikiran. Kemampuan ini terbawa ketika kita tidak berdoa. Selain itu, ketika Anda berdoa dengan penuh syukur, maka kekhawatiran dan tingkat stress Anda akan turun, sehingga dorongan untuk tergoda berkurang.   (Esther Idayanti)

Seseorang Tidak Bisa Berpikir Bengkok dan Berjalan Lurus