.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Siapakah Yang Besalah Sebenarnya Atas Tragedi yang Dialami ?


Setelah Putri Diana meninggal dalam kecelakaan, Philip Yancey (penulis) dihubungi oleh sebuah stasiun televisi dan ditanya, “Mengapa Tuhan membiarkan hal yang begitu tragis terjadi?” Yancey menjawab, “Seseorang nyetir ngebut sambil mabuk di terowongan yang sempit... Lalu bagaimana kok Tuhan dianggap terlibat?”

Kita Bukan Wayang
Kalau manusia seperti wayang, benda mati yang digerakkan oleh dalang, mereka boleh mempersalahkan Tuhan untuk semuanya. Tetapi manusia bukan wayang. Kita diberi akal dan kebebasan untuk memilih. Beberapa orang membuat keputusan yang bodoh sehingga harus menanggung akibatnya, atau menyebabkan hidup orang lain menderita. Lalu kenapa Tuhan yang dipersalahkan?

Hukum Alam
Anak hamil diluar nikah, orang tua bertanya "Mengapa, Tuhan?"  Sebaiknya tanya anak itu dan cowonya, apa yang mereka lakukan. Petani gagal panen karena musim tak menentu, Tuhan juga dipersalahkan. Tapi bagaimana dengan manusia penyebab global warming?

Utuh
Kalau Anda membeli sekotak susu, lalu Anda tuang, apakah sebentar keluar susu, lalu keluar jus jeruk, lalu air putih? Tentu tidak. Dari wadah yang sama, keluar susu terus menerus. Demikian juga, dari Tuhan yang baik, tidak sebentar keluar kejahatan, lalu kelicikan mempermainkan manusia, perang besar, dll. Dari Tuhan yang baik, bila “dituang” seluruhnya keluar kebaikan.
Bagaimana Anda bisa mencintai Tuhan bila Anda menganggap bahwa Ia yang memberikan semua penyakit dan tragedi dalam hidup Anda?  Menganggap Tuhan memberi tragedi supaya kita bertumbuh membuat kita pahit terhadap Tuhan, atau pasif karena menganggap kemalangan itu jatah kita. Lalu Iblis tersenyum karena tujuannya tercapai, supaya manusia mempersalahkan Tuhan! Jadi, mengapa ada tragedi dan masalah?  Karena dunia bukan tempat yang sempurna akibat dinodai dosa manusia. Daripada mempersalahkan Tuhan, lebih baik bekerja sama dengan-Nya (Esther Idayanti)

Tuhan Dipersalahkan Karena Keengganan Manusia Mengambil Tanggung Jawab (Esther Idayanti)

Image : www.facepunch.com