.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Kebiasaan ini Ternyata Bisa Merusak Ginjal


Beberapa organ vital dalam tubuh manusia termasuk ginjal, yang berpadu dengan hati adalah agen yang berfungsi untuk melakukan detoksifikasi pada darah.

Ginjal melakukan beberapa fungsi penting seperti melakukan filter pada sampah sisa makanan dari darah, mengatur tekanan darah, menyeimbangkan elektrolit, dan memproduksi sel darah merah pada tubuh. Dengan kata lain, kesehatan Anda bergantung pada kondisi ginjal Anda.

Gagal ginjal biasanya merupakan hasil akumulasi dari terlalu banyak limbah sisa makanan pada tubuh, yang disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang sering di lakukan. Gejala awal dari penyakit ginjal biasanya mulai dari terasa lemah, susah bernafas, lesu, dan kebingungan.
Terlebih jika potassium tidak di pindahkan dari aliran darah karena ginjal tidak mampu bekerja semesti nya, maka bisa mengakibatkan detak jantung yang tidak normal dan kematian secara tiba - tiba. Tanda awal gagal ginjal bisa juga tidak memberikan tanda apapun.

Berikut adalah sepuluh kebiasaan yang bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal seiring dengan waktu.

1. Terlalu Banyak Garam
Meskipun tubuh bergantung pada sodium atau garam untuk berfungsi dengan baik, terlalu banyak mengkonsumsi garam bisa meningkatkan tekanan darah, yang kemudian memberikan tekanan pada ginjal Anda.

Jumlah garam yang di konsumsi tidak boleh melebihi 5g sehari.

2. Kurang Minum
Kurang minum bisa mengakibatkan terkumpulnya racun pada tubuh, yang kemudian mempengaruhi fungsi tubuh lain yang pada akhirnya sampai pada fungsi utama ginjal, yakni detoksifikasi.

3. Menahan Buang Air Kecil
Menahan untuk tidak buang air kecil tidak hanya akan meningkatkan tekanan pada ginjal Anda, namun juga bisa menjadi awal dari penyakit batu ginjal. Karena itu menahan diri untuk tidak buang air kecil bisa sangat berbahaya.

4. Kurang Vitamin dan Mineral
Mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup melalui pola makan yang sehat merupakan hal yang penting bagi fungsi optimal ginjal. Vitamin B6 dan magnesium merupakan vitamin dan mineral yang paling bermanfaat.

5. Terlalu Banyak Gula
Makanan dan minuman yang tinggi kandungan gula nya bisa meningkatkan jumlah protein pada air seni Anda, yang merupakan tanda dari tidak berfungsi nya ginjal dengan baik.

6. Terlalu Banyak Protein dari Binatang
Metabolisme tubuh Anda terbebani dengan terlalu banyak konsumsi akan daging merah, dan seiring dengan waktu, asupan protein yang terlalu banyak ini bisa mengakibatkan kegagalan fungsi ginjal.

7. Kurang Tidur
Kekurang tidur bisa mengakibatkan banyak masalah kesehatan salah satunya adalah fungsi ginjal tidak berjalan semestinya. Saat Anda tidur tubuh akan memperbaiki syaraf rusak pada ginjal, jadi mendapatkan cukup tidur bisa memberikan manfaat pada kesehatan ginjal Anda.

8. Terlalu Banyak Kafein
Sama dengan garam, terlalu banyak asupan kafein tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tapi juga memberikan banyak tekanan pada ginjal, dan konsumsi secara teratur bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal.
9. Terlalu Banyak Minuman Beralkohol
Sama seperti yang lain nya, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga bisa memberikan dampak serius terutama pada kesehatan ginjal dan hati Anda.

10. Obat Penghilang Rasa Sakit
Jaman sekarang pengunaan obat yang bisa menekan rasa sakit sudah di gunakan untuk mengatasi berbagai macam rasa sakit, dan pengunaan dari obat - obatan ini bisa memberikan kerusakan serius pada ginjal dan hati Anda.


Penulis : Susana Young