.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sembilan Hal Yang Perlu Ketahui Tentang Penyembuhan Setelah Operasi Sesar


Anda tahu kalau operasi sesar merupakan operasi besar dan Anda mungkin pernah mendengar keluhan dari teman bahwa proses penyembuhan nya terasa lebih sulit dari yang Dia perkirakan. Namun sampai Anda mengalami nya sendiri, Anda tidak akan tahu semua daftar keanehan dan kejutan dari tantangan tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang di share oleh para praktisi dan mereka yang mengalami nya, mengenai apa yang mereka tahu mengenai proses penyembuhan setelah sesar.

1. Berdiri dari tempat tidur untuk pertama kali bisa terasa lebih sakit dibandingkan saat Anda melahirkan.
Tentu saja saat menjadi seorang ibu, Anda ingin segera berdiri dari tempat tidur saat mendengar suara tangisan kecil nya. Namun setelah menjalani operasi sesar, atau setelah dua minggu kemudian, akan terasa sangat sakit untuk duduk dan berdiri dengan kaki Anda.

Tentu saja Anda bisa menikmati fasilitas untuk berbaring dan memanggil perawat jika Anda masih dalam rumah sakit, sayangnya hal itu tidak bisa terus bertahan lama. Biasanya dokter akan menuliskan resep untuk obat penahan rasa sakit, yang harus Anda minum.
2. Merawat bayi setelah operasi sesar bisa terasa tidak nyaman
Sulit untuk merawat bayi, terutama saat mengendong bayi karena ada bekas luka di bagian perut Anda. Disarankan untuk mencoba berbagai posisi di mana ibu akan terasa nyaman saat mengendong bayi dalam waktu lama.

3. Melakukan hal 1 dan 2 bisa terasa tidak nyaman. Amat tidak nyaman.
Akan ada dua situasi berbeda di sini. Kencing akan terasa menusuk atau panas, atau Anda merasa tidak mengeluarkan semua air seni dalam kantung seni Anda. Hal ini normal terjadi, dan tidak masalah jika Anda merasa kesal, selain itu hal ini akan hilang dalam beberapa hari.

Untuk buang air besar, akan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Hormon kehamilan biasa nya akan melambatkan pencernaan dan hal tersebut tidak akan kembali normal dalam waktu cepat saat selesai melahirkan.

4. Sepatu lucu untuk kehamilan yang Anda beli mungkin tidak akan bisa terpakai untuk sementara.
Amat normal bagi kaki dan paha bahkan tangan dan muka Anda untuk membengkak setelah melahirkan dan terutama setelah menjalani operasi sesar. Selama kehamilan, jumlah darah akan meningkat, biasanya sekitar 50 persen, untuk mendukung kehamilan Anda.

Dengan jumlah tersebut dan cairan IV yang Anda terima saat melahirkan atau saat operasi sesar, maka semua cairan itu pasti harus pindah ke suatu tempat. Di rekomendasikan untuk segera berdiri atau berjalan setelah melakukan operasi dan minum air dengan campuran lemon untuk membantu mengeluarkan semua nya.

5. Lupakan mengenai tidur malam yang nyenyak, mulai saat ini!
Anda baru saja memiliki bayi dan melakukan operasi besar, mungkin setelah berjam - jam berjuang, tentu saja Anda akan mendapat tidur tenang malam ini kan? Belum tentu, jika Anda berada di rumah sakit. Bagian vital pada tubuh Anda harus terus di periksa (tekanan darah dan suhu badan) setiap tiga hingga empat jam, biasanya selama Anda masih di sana.

Terlebih jika Anda memiliki bayi, yang belum bisa membedakan antara siang dan malam.

6. Akan ada bekas setelah menjalani operasi sesar yang mungkin terlihat tidak seimbang.
Selama prosedur operasi, akan ada obstetrician yang akan memotong kulit Anda, melalui bagian lemak dan fascia, bagian yang tebal, syaraf seperti web yang menyelimuti semua organ tubuh Anda. Setelah melahirkan, dokter akan menjahit kembali semua lapisan atas, namun fascia Anda akan menutup dengan sendiri nya, yang kemudian akan menciptakan bekas luka.

Terkadang bekas luka ini berkembang tidak merata, maka nya bentuk nya terkadang akan besar di satu tempat dan kecil di tempat lain. Bekas luka ini akan mengecil seiring waktu dan sulit terlihat, namun tidak akan menghilang sepenuhnya.

7. Gatal dan kaku di sekitar bekas luka merupakan hal yang umum terjadi.
Balik ke operasi itu sendiri, ketika obstetrician Anda memotong berbagai lapisan tersebut, bisa saja Dia memotong beberapa syaraf, yang kemudian membuat Anda kehilangan beberapa perasaan seperti gatal atau kaku. Amat wajar jika kekakuan tersebut bisa bertahan selama beberapa tahun.

8. Anda harus berhati - hati selama setidaknya delapan minggu
Berarti Anda tidak boleh mengangkat sesuatu yang lebih berat dari bayi Anda, tidak boleh melakukan gerakan mendorong atau menarik, dan tidak boleh membungkuk sampai bekas jahitan sembuh. Anda juga tidak boleh melakukan aktifitas seperti membawa keranjang cucian, mengunakan vacum cleaner, atau berjalan dengan anjing, atau mencuci piring setidaknya dua minggu pertama.

Untuk berolahraga, berjalan dan menaiki tangga merupakan hal yang baik. Namun jangan lupa untuk menunggu hingga delapan minggu untuk memastikan Anda sembuh sepenuhnya sebelum melakukan olahraga untuk abs, termasuk Pilates, yoga, atau berenang.
9. Ingin memiliki bayi lagi? Melahirkan secara alami bisa menjadi pilihan Anda.
Apapun alasan Anda untuk melakukan operasi sesar, Anda bisa memiliki potensi bagus untuk melahirkan secara alami setelah operasi sesar. Wanita yang menjalani operasi sesar biasa nya memiliki alasan yang bagus merupakan kandidat terbaik. Namun meski begitu, bukan berati dokter dari rumah sakit akan mengijinkan nya.

Kekhawatiran terbesar adalah kantung kencing akan robek, yang berarti rahim bisa terbuka di bagian di mana ada bekas luka hasil operasi sesar. Jika Anda memutuskan untuk melahirkan secara alami mungkin Anda bisa mencari opini dari pihak lain.

Penulis : Susana Young