.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Tips Beribadah Bersama Anak yang Masih Kecil


Orang tua pada umum nya enggan untuk membawa si kecil ke Tempat Ibadah. Mereka takut kalau si kecil akan menganggu orang lain atau mencegah mereka mendapatkan manfaat dari ibadah.

Meskipun Anda perlu untuk lebih sensitif pada orang di sekitar Anda dan bisa terasa sulit untuk fokus saat sedang menenangkan bayi yang menangis atau aktif bergerak, namun anak Anda merupakan anggota dari komunitas keyakinan.

Otak keagamaan

Orang tua yang meninggalkan anak mereka di rumah hingga mereka cukup dewasa kehilangan momen penting untuk mengajarkan anak pendidikan keagamaan. Bayi Anda perlu untuk diberikan kesempatan untuk belajar ritme, visual, suara dan bau dari ibadah sebelum Dia mengerti apa itu ibadah.

Menghilangkan kesempatan anak untuk mendapatkan pendidikan keagamaan bisa membuat nya lebih sulit untuk mengerti akan agama yang dianut oleh orangtuanya.
Jangan menganggu

Tentu saja, ada perbedaan antara bayi yang gelisah dan bayi yang berteriak. Sebagai penghormatan bagi para penganut lain, orang tua sudah seharusnya membawa pergi anak yang berisik dan tidak bisa di tenangkan dalam semenit.

Meski begitu, setiap orang di sekitar keluarga yang memiliki anak yang berisik memiliki kewajiban untuk mengerti dan memberikan senyum simpatik serta percaya pada orang tua nya untuk mengatasi nya.

Tips agar sukses

Membawa anak ke tempat ibadah, bisa jadi sebuah tantangan. Tips berikut bisa membantu mempermudah orang tua saat pergi ke tempat ibadah bersama anak mereka.

1. Duduk Di depan
Meski bisa menjadi tidak produktif, namun anak kecil biasanya akan berprilaku lebih baik ketika mereka bisa melihat apa yang sedang terjadi.

2. Jangan Memulai Ditempat Khusus Bayi Menangis
Meskipun di rencanakan, kebanyakan ruangan tersebut hanya berfungsi untuk sementara. Pergi ke dalam nya hanya untuk menenangkan anak Anda. Dengan begitu Anda dan anak Anda akan mendapatkan pengalaman.

3. Ketahui Kapan Harus Memegang Mereka
Jika Anda harus terpisah dengan anak Anda, pegang Dia selama Anda bisa di ruangan khusus anak menangis. Membiarkan anak Anda bermain di belakang Tempat Ibadah mengajarkannya bahwa Dia perlu untuk menangis dan ngamuk untuk mendapatkan waktu bermain.

Batasi gerakannya saat Anda sedang dalam tempat ibadah, dan lepaskan saat Anda meninggalkan tempat ibadah bersama nya. Ini akan mengajarkan pada nya bahwa Anda akan membatasi kebebasan nya saat di tempat ibadah.

4. Ajak Mereka
Bagi anak di bawah 4 tahun, bawakan boneka bertema tempat ibadah, buku, dsb nya. Dengan begitu mereka akan fokus pada aktifitas spesial tersebut, coba sesekali untuk memberikan interaksi yang mengajarkan mereka akan keajaiban tuhan dan bersyukur karena nya.
5. Jangan Lakukan Ibadah Secara Bergiliran
Jika Anda tidak mendapatkan apapun dari ibadah ketika Anda membawa si kecil, maka Anda kehilangan inti nya. Apa yang Anda dapatkan adalah kenikmatan mengajarkan si kecil mengenai keyakinan.

Penulis : Susana Young