.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Empat Belas Hal yang Perlu Ibu Ketahui Sebelum Mulai Menyusui


Sebagai seorang ibu sudah tentu ada keinginan untuk bisa menyusui bayi Anda. Anda mencari tahu segala hal tentang menyusui, Anda bertanya pada ibu Anda, membaca majalah tentang menyusui dan semua hal tersebut mulai membuat Anda pusing dan takut dalam melakukan kesalahan.

Ibu jangan khawatir, berikut ini ada 14 hal yang perlu di ketahui mengenai menyusui dan bagaimana Anda bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi nya:

1. Menyusui Biasanya akan Terasa Sakit
Baik bayi pertama maupun bayi keempat, rasa sakit akan tetap ada. Bukan berarti bayi Anda tidak bisa menyusui dengan baik. Puting Anda hanya memerlukan waktu untuk membiasakan ketika di sedot secara agresif. Tahan rasa sakit tersebut dan setelah 2-3 minggu tubuh Anda akan mulai terbiasa.

2. Minta untuk Bertemu dengan Bagian yang Berkonsultasi Mengenai Menyusui (Lactation Consultant) di rumah sakit secepatnya
Bawa bayi Anda dan minta untuk bagian konsultasi mengenai menyusui untuk datang menemani Anda. Jangan pasrah hanya dengan bantuan dari suster yang menjaga. Meskipun suster itu membantu, namun mereka bukanlah spesialis di bidang ini dan bisa secara tidak sengaja memberikan nasihat yang salah.
3. Minta pasangan Anda untuk Hadir Ketika LC Mengunjungi
Anda akan membutuhkan dukungan untuk melalui semua ini. Karena, biasanya Anda akan kelelahan secara mental dan fisik. Pasangan Anda bisa membantu untuk menangkap informasi yang bisa saja Anda lewatkan dan membantu mengurus posisi bayi.

Gunakan kamera bila perlu untuk merekam semua penjelasan yang di berikan, agar kelak bisa di lihat kembali apabila ada poin yang terlupakan.

4. Bersiap lah untuk Rasa Sakit, di area Tubuh Lain
Menjelang minggu pertama, menyusui bisa menyebabkan rahim melebar saat Anda menyusui dan rasanya cukup menyakitkan. Anda bisa juga bisa merasakan sakit tidak hanya di area perut namun juga di punggung. Ini akan hilang ketika rahim Anda mengecil dan kembali ke ukuran semula.

5. Anda Akan Merasa Lapar
Beberapa minggu pertama, menyusui akan membuat Anda merasa sangat lapar, haus, dan membuat Anda mengantuk saat menyusui bayi Anda! Ini disebabkan karena hormon (oxytocin dan prolactin) sedang terlepas saat menyusui.

6. Selalu membawa Bantal
Bawa teman menyusui Anda si bantal boppy, atau alat apapun yang membantu Anda untuk menyusui ke rumah sakit. Penting untuk merasa nyaman saat menyusui baik bagi Anda dan si bayi.

7. Gunakan Pelicin
Beli Lanolin sebotol setelah melahirkan dan oleskan pada putting Anda setiap selesai menyusui. Hal ini bisa membantu untuk mengurangi sakit yang terasa. Penting di ingat bahwa barang ini bisa memberikan noda pada pakaian Anda, jadi hanya pakai baju yang tidak masalah untuk Anda buang!

8. Jangan Ragu untuk Mengatakan yang Anda Lihat
Jika Anda melihat bercak merah pada payudara dan panas saat di sentuh segera panggil LC Anda. Bisa jadi ini merupakan tanda dari mastitis dan segera di sembuhkan daerah yang terinfeksi sebelum menyebar dan menyebabkan persediaan susu Anda menurun.

9. Belajar untuk Bersabar
Bisa membutuhkan sekitar 5 hari agar susu Anda untuk bisa keluar. Jangan berpikir bahwa bayi tidak mendapatkan makanan yang cukup jika Anda hanya melihat atau mendengar jumlah asi yang keluar sedikit selama waktu tersebut. Perut bayi Anda cukup kecil. Si kecil tidak membutuhkan jumlah yang lebih banyak daripada yang sedang tubuh Anda hasilkan.

10. Jangan Merasa Stress dengan Persediaan Susu Anda
Jumlah susu yang bisa Anda keluarkan tidak sama dengan jumlah susu yang bayi Anda habiskan ketika mereka menyusui. Jika Anda hanya mengeluarkan sedikit, jangan takut bayi Anda akan kekurangan. Bayi mempunyai kemampuan menyedot yang lebih kuat dibandingkan sebuah pompa.

Kebiasaan dan kenaikan berat badan akan memberitahukan Anda apakah bayi Anda puas saat menyusui.

11. Selalu Bawa Baju Cadangan
Saat susu asi Anda sudah mulai keluar, biasa nya akan membasahi baju, kaos bahkan baju yang di kenakan bayi Anda saat menyusui, jadi jangan lupa untuk membawa baju cadangan, terutama ketika Anda hendak pergi keluar rumah.
12. Percayai Konsultan Menyusui Anda
Jangan percaya begitu saja pada nasihat mengenai menyusui! Segera hubungi konsultan Anda mengenai apa yang membuat Anda khawatir, karena hal ini merupakan spesialisi mereka.

13. Cari Tahu Mengenai Beberapa Info Bermanfaat dan Hemat Uang Anda
Karena perjanjian ACA, pompa susu payudara Anda seharusnya gratis! Segera hubungi perusahaan asuransi Anda 30 hari setelah melahirkan untuk melakukan klaim.

14. Bersiap untuk Sibuk
Menyusui memerlukan komitmen waktu. Anda tidak akan mengetahui nya lebih dalam kecuali telah melakukan nya. Namun, selain tidak perlu untuk mencuci botol susu atau mencampur susu formula di tengah malah, Anda sedang memberikan bayi Anda nutrisi terbaik yang bisa ia dapatkan.

Penulis : Susana Young
Image : recity.hu