.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Bijaksanalah Hari ini, Maka Tidak Ada Tangisan di Hari Esok


Ada orang punya cerita hidup yang luar biasa mengagumkan, bagaimana ia dulu hidup bandel, lalu berubah.  Atau bagaimana ia dulu sengaja menyerempet bahaya namun lolos. Tapi kisah hidup saya biasa-biasa saja. Tidak ada yang heboh, dan tidak ada yang akan membuat orang tertarik mendengarnya. Cenderung datar, sederhana, tanpa banyak konflik, tidak ada clubbing, dll.  Kalau dibuat reality show, tidak ada yang mau menonton, bukan The Kardashian. Mungkin karena pengaruh orangtua saya yang mendidik cukup disiplin. Tetapi saya bersyukur untuk hal itu, walaupun banyak hal “seru” terlewatkan, tetapi banyak hal berbahaya dan sia-sia juga terlewatkan.  Saya ingin menulis untuk adik-adik saya:

Hidup Tanpa Penyesalan
Salah satu keuntungan hidup biasa-biasa saja adalah tidak perlu ada penyesalan.  Tentu saya berbuat banyak kesalahan, termasuk kesalahan pada orang lain. Tetapi mudah-mudahan itu bukan “stupid mistakes” yang kemudian disesali karena seharusnya tidak perlu dilakukan. Saat masih single, ada seorang rekan yang curhat menyesali kehidupan bebasnya. Ia sudah berubah total, tetapi tetap saja ia tidak bisa kembali seperti sebelumnya. Sesuatu telah hilang.
Hidup Untuk Masa Depan
Kita baca di media tentang seorang tokoh yang sedang digoncang karena masa lalu dalam rumah tangganya.  Terlepas dari benar salah, yang saya lihat orang mengharapkan memiliki pemimpin yang kehidupannya “bersih.” Beda dengan aktor Holywood, semakin seronok kehidupannya, semakin terkenal. Kehidupan yang berhati-hati dan bersih akan menolong Anda di masa depan.

Tidak perlu ikut-ikutan “seize the day” mumpung masih muda. Tidak harus Anda merasakan semuanya.  Ikuti nasihat E.A. Bucchianeri “Be wise today so you don’t cry tomorrow.” (Esther Idayanti)

Anda Hanya Hidup Sekali, Tetapi Bila Anda Lakukan Dengan Benar, Satu Kali Sudah Cukup