.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Apakah Anda benar-benar Tahu Apa yang Anda butuhkan?


Seorang pemuda sedang berjalan ketika seekor katak memanggilnya, “Kalau kamu menciumku, aku berubah menjadi seorang putri cantik.” Pemuda ini mengambil katak itu, ia tersenyum, lalu memasukkannya dalam kantongnya.  Beberapa menit kemudian, katak ini bekata lagi, “Baiklah, kalau kamu menciumku, aku akan menjadi seorang putri dan melakukan apapun juga yang kamu mau.” Pemuda ini hanya tersenyum saja. Sampai akhirnya katak ini tidak sabar dan berkata, “Apalagi sih maumu?”  Anak muda itu mengambil katak dari kantongnya dan berkata, “Aku mahasiswa teknik, tidak punya waktu untuk pacaran, tapi punya katak yang bisa bicara sungguh keren!”

Katak ini mirip dengan kita. Kita pikir seseorang membutuhkan sesuatu, padahal sebenarnya ia membutuhkan hal lain. Dua kategori kebutuhan manusia: apa yang seseorang pikir ia butuhkan (felt need) dan apa yang sebenarnya ia butuhkan (real need).
Anak muda berpikir mereka membutuhkan “like” di postingan mereka. Tetapi sebenarnya mereka membutuhkan keyakinan diri bahwa mereka tetap berharga tanpa satu “like” pun.  Para jomblo panik berpikir butuh jodoh segera, tapi bisa jadi kebutuhan yang sebenarnya adalah memahami diri dan menjadi utuh walaupun sendiri.  Anda berpikir sedikit lagi tambahan penghasilan akan membuat hidup Anda beres, padahal rasa puas itulah yang sebenarnya dibutuhkan. “Felt need” biasanya dirasakan mendesak dan mudah terlihat karena di permukaan (superfisial), tetapi “real need” biasanya adalah akar masalah yang orang kadang tidak sadari. Apakah Anda benar-benar tahu apa yang Anda butuhkan? (Esther Idayanti) 

Kadang Kita Terlalu Fokus pada Apa yang Kita Inginkan, Sehingga Kehilangan Hal-hal yang Sebenarnya Kita Butuhkan

Image : www.ed.ac.uk