.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Alasan Kenapa Bayi Anda Sulit Tidur


Semua orang tua pasti pernah mengalaminya, bayi Anda terjaga berjam - jam, mengusap mata mereka, rewel, dan menguap, namun tidak terlihat akan tidur. Hal ini biasanya membuat orang tua menjadi frustasi karena sulit nya tidur bayi mereka juga menganggu kegiatan mereka.

Tanpa perlu banyak mengomel, mari cari tahu mengapa bayi sulit untuk tidur dan bagaimana caranya Anda bisa membantu mereka.
1. Ritme Sirkadian
Bayi mulai untuk mengembangkan ritme sirkadian mereka, perputaran 24 jam yang mengatur tubuh, saat berumur enam minggu. Ritme ini mulai berkembang dan mengatur jadwal tetap saat bayi berumur tiga hingga enam bulan. Dan tentu saja setiap bayi memiliki waktu yang berbeda, jadi ada kemungkinan jadwal nya bisa mundur lebih lama.

Cara mengatasi nya: Atur kebiasaan antara siang dan malam hari dengan bermain dan berinteraksi dengan mereka saat siang hari, biarkan mereka terkena cahaya sinar matahari pagi dan sore, namun kurangi interaksi dan lebih tenang sebelum waktu tidur.

2. Terlalu Banyak Rangsangan
Banyak nya kegiatan fisik, suara berisik, atau musik keras sebelum tidur bisa merangsang bayi dan menyebabkan mereka untuk tidak bisa tidur, terutama saat malam hari. Dan bayi bisa menerima terlalu banyak rangsangan dengan kegiatan sebelum tidur.

Cara mengatasinya: Atur jadwal untuk menenangkan sebelum tidur. Mulai dari mandi, membaca buku, berpelukan di kursi, memeluk boneka atau benda lain nya, berdoa, mematikan lampu, mengucapkan selamat malam, semua cara untuk bisa menenangkan bayi sebelum tidur.

Tetap konsiten dengan hal tersebut dan lakukan dengan urutan dan waktu yang sama setiap malam. Jangan lupa untuk menghilangkan gangguan dari alat elektronik setidaknya sejam sebelum tidur.

3. Terlalu Lelah
Bayi terkadang memiliki masa di mana mereka akan tertidur. Menunggu masa tersebut datang biasa nya bisa di sebut dengan kondisi "terlalu lelah". Hal ini biasa terjadi sebelum waktu tidur atau saat malam hari.

Cara mengatasinya: Perhatikan dengan baik tanda dimana bayi Anda merasa lelah dan tidurkan mereka saat tanda seperti mengusap mata nya, menguap, rewel, atau tidak tertarik untuk bermain.

4. Tidak Terlalu Lelah
Sewajarnya, saat umur bayi semakin bertambah, maka waktu tidur mereka semakin berkurang. Anda bisa saja menidurkan mereka di saat waktu yang sama seperti sebelumnya, tapi ada kemungkinan mereka belum siap untuk tidur.

Cara mengatasinya: Tunggu sinyal dimana bayi Anda merasa lelah sebelum menidurkannya. Mundurkan waktu tidur mereka jika Anda menyadari kalau bayi Anda tidak siap untuk tidur di malam hari.

5. Terlalu Banyak Tidur Di sore Hari
Hal ini berhubungan dengan nomor 4. Terkadang, alasan mengapa bayi Anda tidak siap untuk tidur karena mereka baru saja terbangun setelah tidur.

Cara mengatasinya: Perpanjang waktu antara bangun tidur di sore hari dan waktu tidur malam nya.

6. Lapar
Bayi Anda perlu untuk diberi makan sesering mungkin. Namun tidak peduli berapa umur bayi Anda, Anda bisa memiliki keberuntungan untuk tidur di malam hari jika memberi makan mereka pada waktu tertentu.

Cara mengatasinya: Beri makan bayi antara 10 PM dan tengah malam, satu penelitian menunjukkan pada bayi yang di beri susu ibu hal ini membantu memperpanjang waktu tidur malam antara tengah malam dan 5 pagi.
7. Gelisah Saat Berpisah
Biasanya terjadi sekitar umur 7 hingga 9 bulan, Bayi Anda menjadi sulit tidur karena tidak ingin Anda pergi dari sisi mereka.

Cara mengatasinya: Bermain ciluk ba dan permainan di cermin untuk membantu mereka mengerti kalau Anda bisa pergi dan datang kembali. Kapanpun Anda meninggalkan bayi Anda untuk pergi ke ruangan lain, beritahukan mereka kalau Anda akan segera kembali. Jika Anda harus pergi, usahakan untuk mengunakan pengasuh bayi yang sama.

Tentu saja, jika ke tujuh hal di atas tidak berhasil, segera bicarakan dengan dokter Anda. Melihat bayi Anda kesulitan untuk tidur, biasa nya akan membuat Anda merasa lebih lelah, dan menjadi sangat frustasi. Namun biasanya salah satu hal di atas bisa membantu bayi Anda untuk tidur.

Penulis : Susana
Image : www.gettyimages.com