.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Siapakah Orang Indonesia Sebenarnya


Siapa orang Indonesia dan siapa yang bukan orang Indonesia? Secara hukum, paspor Anda bicara. Seorang menteri diganti dan seorang anggota paskibraka nyaris batal membawa bendera karena paspor mereka. Tetapi secara hati, lain lagi kriterianya. Eduard Douwes Dekker, memegang paspor Belanda, tetapi ia menulis tentang penderitaan rakyat Indonesia akibat penindasan Belanda, sehingga kemudian sistem tanam paksa dihapus. Laksamana Maeda pemegang paspor Jepang, tetapi ia membuka rumahnya untuk perumusan naskah proklamasi dan anak buahnya menjaga pelaksanaan proklamasi 17 Agustus 1945. Ia yang menjadi “bidan” kemerdekaan Indonesia.

Ada orang yang “lebih Indonesia” dari mereka yang lahir di tanah ini. Mereka yang punya hati untuk bangsa ini, dan memberikan sumbangsihnya bagi kejayaan Indonesia, bukan menggerogotinya untuk kepentingan pribadi, keluarga dan kelompoknya.

Siapa orang Indonesia sebenarnya? Apakah yang mata sipit termasuk orang Indonesia? Apakah yang berkulit hitam termasuk di dalamnya? Bagaimana dengan yang hanya mengenakan cawat saja di puncak gunung dan tidak menutupi auratnya? Sulit menjelaskan seperti apa orang Indonesia, karena memang tidak ada satu pakem yang menjelaskan. Ada 300 kelompok etnik, 1.340 suku bangsa, 742 bahasa, berbagai agama/kepercayaan serta budaya.
Jadi seperti apa orang Indonesia? Orang Indonesia yang sebenarnya adalah mereka yang memiliki Pancasila di dadanya dan dipraktekkan dalam kehidupannya. Siapa yang Indonesia dan siapa yang bukan? Nilai-nilai Andalah yang menjadi jurinya, dan tindakan Andalah buktinya (EI)

Kalau Jadi Hindu Jangan Jadi Orang India, Kalau Jadi Islam Jangan Jadi Orang Arab, Kalau jadi Kristen Jangan Jadi Orang Yahudi Tetaplah Jadi Orang Indonesia dengan Adat Budaya Nusantara yang Kaya Raya Ini (Soekarno)

Penulis : Esther Idayanti