.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Nasihat dari Lao Tzu dalam Mencari Kebahagiaan


Lao-Tzu atau lebih dikenal dengan nama Laozi adalah seorang ahli filsafat dan penulis buku dari Tao Te Ching, yang berbasis dari agama Tao. Laozi merupakan sosok inspirasional bagi banyak orang, bahkan karya nya mempengaruhi konfusianisme dan agama buddha di china.

Berikut adalah 10 nasihat untuk menemukan kebahagiaan dari Laozi:

1. Menguasai Orang Lain adalah Kekuatan. Menguasai Diri Sendiri adalah Kekuatan Sejati.
Setiap orang bodoh bisa memerintah orang lain, tapi membutuhkan keberanian dan kekuatan batin untuk memerintah hati sendiri.

Pernah kah Anda berpikir kenapa sejarah tidak pernah mengingat mereka yang memerintah orang lain, bahkan ketika mereka amat kuat dan memiliki pengaruh besar pada manusia, dalam hal cara yang sama, saat Anda berpikir mengenai kebahagiaan mengapa Anda mengejar mereka yang menguasai diri mereka sendiri dibandingkan orang lain?
2. Kesederhanaan, Kesabaran, Kasih Sayang. Tiga hal ini adalah Harta Terbesar Anda.
Hidup itu tidak pernah rumit, melainkan sangat sederhana seperti seharusnya, namun apa daya adalah diri Anda sendiri yang membuat berbagai perubahan untuk hal yang disebut manfaat lebih, yang pada akhirnya menjadi penyesalan terbesar Anda.

Berpegang pada kemarahan, menunjukkan ketidaksabaran dan berlari dari kasih sayang menjadi bagian dari hidup manusia sekarang. Kesederhanaan berada jauh di belakang, dan tidak ada yang pernah menunggu nya.

3. Penjelajah yang baik tidak memiliki rencana yang pasti, dan tidak memiliki niat untuk tiba.
Apakah mungkin untuk membuat rencana untuk kehidupan? Tidak dalam beberapa hal, karena mustahil untuk membuat rencana pada sesuatu yang tidak bisa di prediksi, yang tidak bisa Anda lihat atau perhatikan, masa depan itu tidak pasti bagi tiap orang, jadi kenapa Anda harus membuat rencana untuk hal tersebut.

Hidup di masa sekarang jauh lebih baik dibandingkan harus merencanakan masa depan dan mengalami tamparan dari kehidupan.

4. Dalam diri Anda memiliki semua jawaban yang Anda ingin ketahui, Anda mengetahui siapa diri Anda dan apa yang Anda inginkan.
Ketika hidup terasa sulit bagi Anda, bisa jadi itu karena Anda berhenti mendengarkan kata hati Anda, Anda berlari jauh dari hati Anda. Anda hidup di dunia fantasi di mana semua nya hanyalah khayalan, di mana kenyataan terlihat sebagai pengalaman yang menyakitkan bagi Anda.

Pelajaran tersulit dalam kehidupan biasa nya di selesaikan oleh mereka yang mendengarkan kata hati dan jiwa mereka.

5. Mereka yang tahu Tidak Bicara. Mereka yang bicara Tidak Tahu.
Diam adalah emas. Dengan tidak berbicara bisa mengatasi hal buruk. Meski terlihat susah untuk di lakukan, ketika Anda tidak menemukan cara untuk menghadapi nya, sementara hidup terlihat sedang menguji Anda, buka hati Anda dan bersikap bijak untuk berdiam, berlari seperti angin, dan harum seperti bunga.

6. Manusia yang memiliki keberanian di luar berani untuk mati, sedangkan mereka yang memiliki keberanian di dalam berani untuk tetap hidup.
Hidup tidak pernah mudah sedari dulu. Hidup adalah ujian dari kehendak Anda, hidup adalah sumber dimana Anda bisa mengapai kekuatan untuk menghadapi ketidakpastian. Mudah bagi seseorang untuk menyerah, tapi mereka yang berhasil bertahan dalam pertempuran dalam kehidupan lah yang menciptakan ruang bagi mereka dalam dunia yang kacau ini. Dan masih bisa meninggalkan warisan yang akan di rindukan oleh seluruh dunia.

7. Apakah Anda memiliki kesabaran untuk menunggu hingga lumpur mengendap dan air menjadi jernih?
Tidak ada seorang pun yang berharap untuk melukai orang yang mereka cintai, karena mereka adalah alasan mengapa Anda merasa hidup. Namun terkadang datang waktu di mana sesuatu yang buruk terjadi pada Anda dan semua menjadi tidak seperti yang diharapkan, dan Anda mulai membuat kesalahan.

Anda jatuh pada perangkap kemarahan dan kekuasaan. Anda lupa kalau Anda perlu bersabar untuk sementara, ini adalah waktu di mana Anda perlu untuk merangkul dan membiarkan lumpur pergi dari diri Anda.

8. Musik dalam Jiwa Bisa di dengar di seluruh Alam Semesta.
Apa hal yang paling menakutkan bagi seseorang yang bisa mereka alami? Itu adalah untuk hidup dimana tidak ada musik, musik yang merupakan gairah dalam kehidupan. Hidup yang tidak memiliki kegairahan tidak mungkin menjadi yang bahagia.

Kebahagiaan adalah mereka yang mendengarkan musik dalam diri dan hidup dari irama nya. Hidup nya akan menjadi seperti film, di mana mereka menonton dari jauh, dan berdansa seperti tidak ada satupun hal di dunia ini yang bisa mempengaruhi mereka.

9. Bertindak Tanpa Mengharap Balasan
Bantu orang lain dan tidak berharap untuk pujian, atau bekerja tanpa apresiasi. Pujian dan apresiasi datang secara otomatis, Anda tidak perlu untuk mencari mereka. Tindakan bekerja tanpa balasan, yang di lakukan untuk kebahagiaan manusia atau untuk manfaat lebih bagi yang Anda cintai akan terlihat melalui hasil kerja dan tindakan Anda.
10. Menanggapi Secara Pintar bahkan Pada Perlakuan Bodoh
Darimana kebanyakan masalah datang? masalah datang dari pertengkaran dan perdebatan ketika Anda kehilangan kesabaran dan mengatakan berbagai hal yang tidak masuk akal, namun untuk mempertahankan diri dan martabat Anda, Anda masih terus bertarung hingga Anda kehilangan semua nya.

Hiduplah dengan penuh perhatian di mana tanggapan yang tidak diharapkan, tidak akan mempengaruhi kedamaian dalam hati Anda.

Penulis : Susana Young