.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Cara Menjaga Agar Pikiran Tetap Tajam


Seiring dengan waktu fungsi tubuh seperti sendi dan paru - paru biasanya menjadi semakin melemah semakin Anda bertambah tua, namun memikirkan bila suatu hari nanti pikiran Anda mengalami hal yang sama biasanya tidak nyaman bagi Anda.

Berikut adalah cara teratas yang patut di coba untuk tetap menjaga pemikiran Anda tetap tajam meskipun usia bertambah:

1. Melakukan Sesuatu!
Peneliti mulai berpikir bahwa ada sesuatu dengan senam aerobik yang bisa memberikan manfaat jangka panjang pada otak Anda. Sementara jantung dan paru - paru berdetak kencang saat berlari di treadmil, tanpa di sadari otak juga menjadi semakin sehat.

Untuk menjaga kesehatan mental, setidaknya 30 menit aktivitas fisik di perlukan setiap harinya.
2. Makan Makanan Sehat
Terlalu banyak atau terlalu sedikit energy bisa mempengaruhi otak Anda. Diet dengan glikemik rendah dan tinggi serat, dengan jumlah lemak dan protein yang cukup biasa nya di cerna lebih perlahan dalam tubuh dibandingkan dengan makanan glikemik seperti manisan dan tepung putih.

Pencernaan yang stabil di perut biasanya memberikan aliran energi yang baik bagi otak, yang juga membantu mengoptimalkan organ dalam performa dan kesehatan.

3. Perhatikan Pola Makan Anda
Meski terlalu banyak makan bisa membuat otak menjadi melambat dan mengakibatkan masalah pada jangka panjang pada otak, terlalu sedikit kalori juga bisa mempengaruhi fungsi pada otak Anda. Diet ekstrim bisa menyebabkan melambatnya fungsi otak, perasaan yang bisa di dapat dari kondisi di mana kekurangan selera makan.

Banyak penelitian juga menemukan bahwa pola makanan yang di kurangi bisa mengakibatkan susah untuk fokus, kebingungan, dan pelemahan dalam ingatan.

4. Jaga Tubuh Anda
Berbagai penyakit mulai dari Type II diabetes, kegemukan dan hipertensi, semua bisa mempengaruhi otak Anda. Resiko yang terjadi biasanya adalah peningkatan resiko dari penurunan kognitif dan pelemahan ingatan. Menjaga peredaran sistem dalam tubuh Anda untuk bekerja dengan baik, misalnya dengan menghindari rokok dan lemak jenuh, mengurangi kerusakan otak yang di sebabkan oleh umur.

5. Atur tidur Anda
Saat Anda beristirahat dan bermimpi, semua ingatan mulai di atur, beberapa di buang, beberapa di taruh dan di simpan. Ketika Anda tidak tidur, sebuah penelitian menemukan, bahwa protein menumpuk pada sinapsis, yang membuat Anda sulit untuk berpikir dan belajar hal baru.

Lebih lanjut, kurang tidur biasa nya di hubungkan dengan penurunan kognitif pada usia tua, meski begitu masih belum di ketahui secara pasti hubungan keduanya.

6. Nikmati Kopi Anda
Sebuah bukti menegaskan bahwa kebiasaan mengkonsumsi kafein bisa melindungi otak Anda. Menurut penelitian yang di lakukan, dua hingga empat kali sehari bisa mengurangi pengurangan kognitif dan mengurangi terjadi nya Alzheimer sekitar 30 hingga 60 persen.

Namun hal ini masih belum jelas apakah manfaat tersebut datang dari kafein atau antioksidan yang ditemukan pada kopi dan teh, namun latte tersebut bisa saja meningkatkan kesadaraan untuk hari ini dan kemudian hari.

7. Makan Ikan
Beberapa teori mengenalkan ikan pada pola makan manusia dengan evolusi pada pikiran manusia. Asam lemak yang penting seperti omega-3 penting bagi funsi otak dan terbukti bermanfaat untuk mengatasi penyakit pada otak seperti depresi.

Penelitian pada manfaat dari omega-3 memiliki hasil yang berbeda, jadi dapatkan dari beberapa sumber makanan seperti biji rami, lemak ikan dan binatang pemakan rumput.

8. Bersantai
Stress bisa merusak otak Anda dengan mengalirkan banyak cairan kimia berbahaya pada berbagai area pada otak terutama di bagian ingatan. Beberapa peneliti mencurigai bahwa gaya hidup seimbang dan mencoba aktivitas bersantai sperti yoga, bersosialisi dan kerajinan bisa mengurangi pelemahan pikiran dengan mengurangi stress.

9. Berhenti Mengkonsumsi Suplemen
Sumplemen akhir - akhir ini mendapatkan reputasi buruk, bahkan dengan multivitamin yang sekarang terlihat sebagai pemborosan uang. Pil untuk otak seperti ginkgo dan melatonin, sepertinya juga mulai untuk tidak baik dikonsumsi.

Meskipun dengan klaim "alami", mereka tidak bebas dari efek samping, seperti tekanan darah tinggi, masalah pencernaan, kesuburan dan depresi. Selain itu, ginkgo tidak menawarkan manfaat apapun pada otak selain hanya placebo.
10. Asah Otak Anda
Baik dengan teka-teki silang, sudoku, atau kegiatan lain yang bisa mengasah otak ternyata bisa menjaga otak Anda untuk tetap dalam kondisi maksimal. Namun kurang nya variasi bisa menjadi masalah pada pengurangan kognitif. Semakin sering Anda belajar, semakin ahli Anda dalam menjaga pikiran di usia tua.

Kunci nya adalah dengan mencoba sesuatu yang baru, tantangan dalam mencoba hal baru yang tidak di ketahui biasanya memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan menyusun ulang puzzle jigsaw yang sama berulang kali.

Penulis : Susana Young
Image : healthdigests.com