.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sepuluh Cara Dapatkan Kebahagiaan Saat Bekerja


Saat masih kecil Anda pasti merasa bahagia. Bermain bersama teman hingga sore, berkumpul bersama keluarga, semua terasa bebas tanpa ada beban mengenai dunia. Beberapa tahun berlalu, semua nya menjadi berubah. Anda menjadi sibuk dengan pekerjaan dan karir.

Anda menjadi seseorang yang tidak lagi merasakan kebebasan, Anda memikul beban yang tidak ada saat kecil.

Ada beberapa cara yang bisa di gunakan untuk mendapatkan kebahagiaan, meskipun mungkin tidak seperti masa kecil Anda, namun kebahagiaan yang baru bisa di gunakan untuk mendapatkan kembali kehidupan dan karir Anda.

Berikut adalah 10 pelajaran dalam hidup yang bisa membuat Anda bahagia saat bekerja:

1. Anda Memiliki Pilihan
Anda adalah satu - satu nya orang yang bisa membuat keputusan untuk bisa bahagia saat bekerja. Bahkan ketika suasana negatif ada di tempat kerja, Anda perlu untuk berpikir secara positif. Anda bisa melakukan hal ini dengan melihat hal yang baik dan tidak memikirkan hal yang buruk.
Menjauh dari mereka yang selalu berpikiran negatif dan dekati mereka yang bahagia di tempat kerja, hal ini bisa membantu Anda.

2. Bertanggung Jawab akan Perkembangan Diri Anda Sendiri
Tidak ada yang lebih peduli mengenai hal ini selain Anda. Karir di masa sekarang ini adalah berpindah dari peran yang satu ke peran yang lain nya, mencari pengalaman sambil mengumpulkan portfolio Anda. Langkah kreatif dan flexible saat bertugas lebih penting di bandingkan mengikuti jalur yang ada.

Jangan takut untuk mengangkat tangan dan bertanya untuk hal yang tidak Anda ketahui.

3. Jangan Malu, Tanyakan Pendapat
Bagi kebanyakan orang, review performa tahunan adalah satu - satu nya waktu di mana mereka bisa mendapatkan umpan balik, dan merupakan proses yang paling membuat gelisah. Jangan malu untuk bertanya pada manager atau rekan kerja Anda mengenai hasil kerja Anda sesering mungkin.

Bagi sebagian mungkin akan menjadi penilaian kinerja mereka, namun bagi yang lain nya bisa menjadi kesempatan untuk memperbaiki kekurang yang di miliki sebelum menjadi masalah. Anda bertanggung jawab dengan pengembangan diri Anda sendiri, dan mendapatkan pendapat dari orang lain merupakan bagian dari perhitungan.

4. Berkumpul Bersama Mereka yang Seperti Anda
Cari grup dari beberapa orang yang bisa mendukung Anda dan memiliki latar belakang, pengalaman dan gaya hidup yang sama dengan Anda. Ini bisa membantu untuk meringankan sedikit beban Anda saat bekerja, mengetahui kalau ada kumpulan orang yang bisa jadi tempat bersandar dan berbagi.

5. Jangan Mencoba untuk merubah Orang Lain
Anda tidak bisa merubah seseorang, hanya reaksi Anda terhadap nya. Jangan biarkan tindakan orang lain mempengaruhi perjalanan hidup Anda. Akan ada rekan kerja yang mencoba menganggu Anda, dan jika Anda terpengaruh oleh mereka, maka mereka akan memiliki kendali dalam kehidupan pekerjaan Anda.

6. Hindari Sikap Negatif
Membuat keputusan untuk bahagia saat bekerja berarti menghindari gosip, percakapan negatif dan orang tidak bahagia yang tidak bisa berubah. Tidak peduli betapa positif diri Anda, orang yang bersikap negatif bisa mempengaruhi perasaan Anda.

Orang yang bersikap negatif bisa menyedot semua oksigen di sekitar Anda, meninggalkan Anda untuk kehabisan nafas dan merasa frustasi.

7. Jangan Bawa Masalah Pribadi ke Tempat Kerja
Ketika Anda tertekan dengan masalah pribadi, maka akan terasa sulit untuk merasa bahagia dan produktif di tempat kerja. Selain itu, rekan kerja Anda tidak ingin ikut dalam masalah Anda, meskipun mereka terlihat tertarik, namun percayalah kalau mereka tidak tertarik sama sekali.

8. Fokus Pada Sikap Positif
Meskipun Anda tidak menyukai pekerjaan Anda, akan ada masa di mana Anda akan menemukan sesuatu yang Anda sukai. Cari hal tersebut dan fokus, kemudian terapkan pada berbagai aspek harian Anda.

9. Cari Teman
Kebanyakan orang tertawa dengan ide memiliki teman di tempat kerja, namun hal ini sebenernya penting. Melihat lama nya waktu yang Anda habiskan untuk bekerja, penting untuk memiliki grup kecil yang berisi orang - orang yang bisa Anda andalkan untuk dukungan, sumber daya, serta berbagi dan saling peduli.
10. Siapkan Dana Cadangan Anda
Terkadang Anda hanya perlu untuk meninggalkan pekerjaan Anda, karena tidak ada lagi pilihan. Tidak ada yang lebih buruk dari menyadari hal ini dan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan apapun karena masalah uang. Anda perlu untuk menyimpan sebagian dana sebagai cadangan untuk waktu di mana Anda harus keluar.

Anda bisa menjadi lebih sehat dan bahagia di segala aspek dalam hidup karena Anda memiliki kendali akan hal tersebut. Tidak ada orang lain yang memiliki kekuatan untuk menganggu atau mengatur hidup Anda. Jangan biarkan orang lain mengambil alih tanggung jawab dalam kehidupan Anda.

Penulis : Susana Young
Image : www.thegloss.com