.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sembilan Kebiasaan yang Membuat Orang Jadi Lebih Baik


Hidup adalah anugerah, namun meskipun Anda mengetahui hal ini, terkadang akan ada hal yang tidak bisa Anda duga terjadi dalam hidup Anda.

Ketika Anda mengira sudah mengetahui segala nya dan berjalan ke arah yang penuh kebahagiaan, kehidupan kemudian mengambil alih kendali dan menabrakan Anda pada jalan buntu. Perubahan drastis ini mengubah Anda dari tempat yang penuh aura positif menjadi ke tempat gelap dan tidak pasti.

Anda kemudian bertanya satu hal: Bagaimana cara nya untuk mengubah semua ini? Kabar baiknya adalah Anda bisa dan hari ini juga.

Mungkin Anda mengira kalau hal tersebut terdengar naif dan mengampangkan sesuatu, namun ini adalah fakta. Perubahan itu bisa terjadi, itu kalau Anda memang menginginkan nya. Trik nya adalah dengan menetapkan setiap perubahan dalam hidup dan membagi nya menjadi tujuan jangka pendek dan panjang, kemudian menjalankan pendekatan secara sistematis untuk mewujudkan nya.

Untuk memulai nya, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ambil dalam melakukan perubahan positif dalam hidup Anda.

1. Tuliskan Daftar Bersyukur
Dengan waktu kerja yang panjang melebihi waktu pribadi Anda, mudah untuk terperangkap dalam kesibukan. Yang kemudian menjadi penopang untuk kebiasaan negatif dan sikap suram dalam hidup. Namun realita nya, akan ada sesuatu yang bisa di syukuri.
Mungkin kesehatan Anda atau sesuatu yang sederhana seperti tempat berlindung dari hujan dan panas, bahkan fakta bahwa Anda memiliki pekerjaan adalah suatu hal yang harus di syukuri. Hidup tidak harus selalu penuh dengan pekerjaan.

Luangkan sedikit waktu untuk beristirahat dari semua kesibukan yang ada dan renungkan untuk setiap hal yang Anda syukuri, kemudian tuliskan dalam sebuah catatan.

2. Berhenti Mengeluh
Tidak ada yang lebih enak selain mengeluarkan semua keluhan kan? Namun ada perbedaan besar antara menghilangkan beban di dada dan berpatisipasi dalam kebiasaan negatif. Jika Anda mengira mengeluh merupakan hal yang di gunakan untuk mengurangi emosi Anda, sains justru menegaskan bahwa ada masalah serius dalam teori tersebut dan mengeluarkan negativitas tidak baik bagi mood Anda dan mood dari orang yang mendengar keluhan Anda.

Sekali Anda memulai untuk bersikap negatif, akan semakin mudah Anda terseret ke dalam nya dan sulit untuk bangkit kembali.

Tantang diri Anda untuk berhenti mengeluh selama sehari. Itu akan membantu meningkatkan kewaspadaan dengan sekitar Anda, dan Anda akan menyadari betapa hal ini mempengaruhi kesehatan dan kebahagiaan Anda.

3. Meditasi Selama 10 Menit
Anda pasti pernah mendengar latihan dari jaman kuno ini, namun ada alasan mengapa orang mau melakukan nya. Bermeditasi bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan yang meningkatkan keadaan batin, pandangan, energi, dan gaya hidup Anda.

Kabar baiknya adalah hal ini hanya memerlukan 10 menit setiap hari untuk melihat perbedaan nya.

Tidak hanya itu, bermeditasi juga bisa mengurangi insomnia, resiko terkena penyakit cardiovascular, meredakan rasa sakit, dan mempertinggi hubungan, dan meningkatkan produktivitas. Jadi jika Anda serius ingin merubah hidup Anda, meditasi merupakan langkah bagus untuk memulai nya.

4. Keluarkan Seniman dalam Diri Anda
Perlu untuk mengeluarkan semua kelelahan batin dan lari dari semua stress yang di sebabkan oleh kehidupan modern? Merasa hidup Anda terlalu sulit untuk di hadapi? Kenapa tidak mencoba untuk mengambil kuas dan mengambar di kanvas, atau mengambil pensil dan pulpen serta menjadi lebih kreatif.

5. Tuliskan Tujuan Anda
Saat hidup Anda seperti lepas kendali dan Anda merasa seseorang mengambil alih nya, maka itu adalah waktu yang tepat untuk membiarkan dunia mengetahui jalur mana yang ingin Anda ambil. Tuliskan tujuan Anda. Mengapa? karena hal tersebut akan memberikan arah yang jelas dan panduan untuk berada di jalur yang benar.

Jadi mulai untuk menuliskan semua nya, tidak peduli kecil atau besar. Apa yang Anda inginkan terjadi di tahun ini? Anda memiliki 361 hari, jadi jangan lupa untuk membuat setiap hitungan berarti.

6. Buat Papan Visi
Setelah Anda menuliskan semua tujuan, sekarang adalah waktunya untuk mencapai nya. Meraih mimpi Anda tidak semudah menuliskan nya dalam selembar kertas, melainkan membutuhkan proses perwujudan secara fisik dan tindakan. Sekarang adalah waktu nya untuk menciptakan masa depan Anda dengan membuat papan visi Anda, atau mood board.

Desainer sering mengunakannya untuk menyusun ide mereka untuk sebuah proyek sebelum menyampaikan nya kepada klien mereka, atau untuk mempercantik konsep pada koleksi sebelum di tampilkan.

Perubahan terbesar yang bisa di rasakan adalah saat menciptakan papan ini, dan setelah di desain, akan menjadi peran penting dalam membuat tujuan Anda menjadi kenyataan. Selain itu juga bisa menjadi sebuah karya seni untuk kantor atau rumah Anda.

7. Pisahkan Semua Teman yang Bernada Negatif
Memutuskan hubungan adalah hal yang sulit di lakukan, terutama jika itu adalah teman baik Anda, namun jika hubungan tersebut menjadi racun, tidak ada cara lain selain mengakhiri nya. Anda bisa memilih untuk melanjutkan nya, namun seperti semua yang ada dalam hidup, mengabaikannya bukan lah jawaban nya.

Lagipula, pertemanan yang negatif amat menguras, melelahkan, dan buruk bagi kesehatan Anda.

Sulit memang untuk menyadari apakah teman Anda merupakan teman yang negatif, namun saat Anda memutuskan hubungan tersebut baru kemudian Anda akan merasakan perbedaan nya. Mengapa Anda mau membuang waktu dalam kehidupan Anda dengan seseorang yang membuat Anda merasa tidak nyaman?

8. Optimalkan Kegiatan Harian Anda
Ketika berhubungan dengan keinginan berubah dalam hidup, perjuangan nya akan terasa nyata. Terkadang Anda hanya perlu menipu diri sendiri untuk melakukan nya. Bagaimana caranya? Dengan menyusun rutinitas pagi dan sore hari Anda hingga menjadi sebuah kebiasaan yang perlu di lakukan setiap hari.

Trik psikologis ini tidak hanya akan membuat Anda menjadi sangat produktif, tapi juga menetapkan Anda menuju hasil positif secara terus-menerus. Taruh sesuatu yang bisa Anda capai dan kemudian lakukan pengaturan hingga semua bisa berjalan secara otomatis tanpa Anda menyadari nya.

Anda bisa memaksimalkan waktu dan meminimalisir stress.
9. Lakukan Tantangan "Orang terpenting dalam hidup"
Saat Anda merasa sudah membuat perubahan kecil dan merasa hidup Anda menuju ke arah yang benar, sekarang waktu nya untuk melakukan lebih dan merubah dunia di sekitar Anda. Caranya? Sebelum Anda mengeluh, rubah persepsi Anda. Yang Anda perlu lakukan hanya memperlakukan setiap orang yang Anda temui akan menjadi orang yang paling penting dalam hidup Anda.

Kuncinya adalah untuk tetap memperlakukan orang lain dengan baik, terutama pada hari di mana Anda tidak ingin berprilaku baik.

Penulis : Susana Young
Image : www.nmhana.com