.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Para Ibu Hilangkan Tujuh Rasa Bersalah ini


Jika Anda seperti ibu pada umum nya, Anda akan merasa bersalah untuk setiap hal. Baik itu sesuatu yang Anda lakukan, tidak di lakukan, atau di lakukan setengah hati, ada perasaan seperti sesuatu yang membuat Anda merasa malu.

Ahli mengatakan perasaan ini datang dari keinginan untuk menjadi ibu yang sempurna. Dan ketika tidak sesuai dengan harapan, Anda merasa gagal.

Banyak ibu juga salah mengartikan bahwa semakin mereka merasa bersalah, maka semakin mereka mencintai anak - anak mereka. Tambahkan sedikit sosial media di mana para ibu menaruh foto anak jenius mereka atau makanan lezat yang mereka dibuat, dan Anda akan merasa kalau diri Anda tidak sebanding dengan mereka.

Realita nya, rasa bersalah itu tidak memberikan manfaat apapun dan hanya akan membuat perasaan Anda semakin buruk. Jadi lepaskan semua rasa bersalah itu dengan beberapa hal berikut:

1. Bekerja
Menitipkan anak di tempat penitipan, tidak ada di saat perkembangan nya atau acara spesial sekolah bisa membuat hati Anda merasa sedih. Terutama bagi ibu yang merupakan single mom. Selain itu tidak hanya ibu perlu untuk bekerja, tapi terkadang pasangan mereka bisa saja di pecat, sakit, atau meninggal, belum lagi sulit untuk kembali bekerja setelah tidak bekerja selama beberapa tahun.
Tidak masuk akal untuk mempertaruhkan keuangan dengan hanya bergantung pada satu sumber.

Meskipun Anda selalu merindukan anak terutama saat bekerja, ingatkan diri Anda seberapa berharga nya karir Anda dan itu merupakan hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk anak Anda.

2. Menyusui
Sama seperti hal nya bagi ibu yang bekerja, mereka terkadang merasa bersalah karena tidak bisa menyusui anak mereka selama mungkin dan kritikan karena menyusui di tempat umum. Sebagai alternatif nya mereka mengunakan susu formula.

Tidak peduli berapa lama Anda menyusui bayi Anda, Anda harus merasa bahagia mengenai apa yang bisa Anda lakukan untuk bayi Anda dan menyadari kalau itu adalah pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk diri sendiri dan keluarga Anda.

3. Berteriak
Anda tahu kalau berteriak pada anak bukanlah hal yang baik bagi mereka, namun tidak peduli betapa keras Anda mencoba, terkadang Anda hilang kesabaran.

Perlu di ingat bahwa Anda hanyalah manusia, Anda di ijinkan untuk melakukan kesalahan dan tidak realistis mengharapkan Anda menjadi seorang ibu yang tenang sepanjang waktu. Namun jika Anda mendapati sering nya berteriak, ada kemungkinan Anda tidak mengenali masalah ini atau masalah lain seperti depresi.

Jika Anda menjaga diri sendiri dengan baik, Anda bisa lebih tenang dan belajar untuk menanggapi dibandingkan bereaksi, kemungkinan berteriak tidak akan sering terjadi.

4. Tidak Cukup Waktu Bermain Bersama Anak
Banyak ibu terutama yang bekerja merasa tidak cukup waktu untuk bermain bersama anak mereka. Namun penelitian menunjukkan bahwa ketika berhubungan dengan waktu bersama anak, kualitas lebih penting daripada kuantitas. Bahwa anak dengan umur 3 hingga 11 tahun yang menghabiskan waktu bersama ibu mereka lebih lama tidak memiliki perbedaan antara kelakukan, kesehatan emosional atau pendidikan mereka.

Mengijinkan anak untuk memiliki waktu untuk menjelajah, mengunakan imajinasi mereka dan menghibur diri mereka sendiri baik bagi perkembangan nya. Anda tidak harus terus bersama dengan anak Anda setiap detik nya.

5. Mengunakan Perangkat Digital Sebagai Pengasuh
Anak Anda mengetahui bagaimana cara membuka smartphone Anda, mengunakan aplikasi belajar di iPad atau menonton TV lebih sering. Anda tahu kalau terlalu banyak menghabiskan waktu seperti itu tidak baik bagi perkembangan anak Anda, namun Anda bukan lah ibu yang buruk jika membiarkan anak Anda duduk selama 30 menit di depan TV untuk memasak makan malam atau berolahraga.

6. Tidak Memberikan Makanan yang Sehat
Jika chicken nuggets atau sekotak makaroni dan keju merupakan makan malam Anda karena mereka mudah untuk di siapkan, atau sulit untuk membuat anak makan sayuran, mudah untuk menyalahkan diri sendiri.

Selama Anda memberikan yang terbaik bagi kesehatan anak dan terus mendorong anak untuk makan makanan sehat setiap waktu, maka tidak apa jika Anda melakukan hal ini sesekali.

Anda melakukan hal yang Anda rasa benar dengan cara terbaik yang bisa Anda lakukan dan Anda sudah seharusnya merasa bangga akan hal tersebut.

7. Kencan dan Waktu Pribadi
Umum bagi seorang ibu untuk berpikir kalau hidup mereka harus mengenai anak - anak mereka, namun jika Anda ingin menjadi seorang ibu yang baik, Anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk menumbuhkan hubungan dengan pasangan Anda dan waktu pribadi Anda.
Tidak hanya ini penting bagi kebahagiaan dan kejiwaan Anda, namun Anda juga perlu menjadi contoh bagi anak Anda dalam menemukan keseimbangan hidup saat mereka dewasa.

Lakukan yang terbaik untuk mencari waktu luang dari libur kerja dan seseorang mengawasi anak Anda untuk bersantai. Karena itu merupakan tanggung jawab yang bisa Anda lakukan untuk anak, yaitu dengan mengisi ulang tenaga dan menumbuhkan diri Anda secara rutin.

Ketika berhubungan dengan rasa bersalah pada ibu, yang bisa di lakukan hanyalah melepas semua itu. Lakukan hal terbaik yang bisa di lakukan, dan jangan berpikir mengenai kesempurnaan. Jangan sampai Anda merasa stress pada setiap detil yang ada dan mengambil kebahagiaan dalam hidup Anda.


Penulis : Susana Young