.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Mentok Saat Berkreativitas, Lakukan Tiga Belas Cara Ini


Bagi Anda yang bekerja dalam bidang yang membutuhkan kreativitas, mentok biasa nya menjadi momok yang menakutkan, karena semua pekerjaan yang Anda lakukan akan menjadi tertunda. Lalu apa penyebab dari mentok dan bagaimana cara nya untuk bisa menjadi kreatif kembali saat sulit mendapat inspirasi?

Jawaban nya ternyata tidak misterius seperti yang di bayangkan.

Kenyataan nya adalah, kreativitas bukan lah mengenai bakat terpendam sama hal nya seperti produktivitas. Untuk bisa menemukan beberapa ide yang bagus, Anda perlu mencoba nya satu - persatu. Semua hanyalah permainan angka.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa di gunakan untuk membawa kembali kreativitas dalam kehidupan Anda.

1. Terbuka Untuk Pengalaman Baru
Pengembangan diri biasanya terikat dengan bagaimana Anda menerima sebuah pengalaman. Dengan kata lain, dengan terus menantang diri Anda untuk keluar dari zona nyaman, mempertanyakan asumsi, memiliki rasa ingin tahu dan menghargai keindahan.

Mencoba berbagai hal baru dan menerima pengalaman tersebut.
2. Meluangkan Waktu Mencari Inspirasi
Amat mudah untuk berasumsi bahwa mereka yang kreatif lahir dengan bakat tersebut. Namun kenyataan nya semua orang yang kreatif mengerti bahwa kreativitas membutuhkan kerja keras dan kegigihan saat mereka mencoba berbagai sumber inspirasi dan metode produktivitas.

Berbagai cara bisa Anda lakukan di sela waktu luang tersebut, mulai dari berjalan santai di lingkungan, mandi, menyediakan waktu pribadi, berpikir seperti anak kecil, bermeditasi, berolahraga, tidur, hingga berpergian.

3. Rubah Sekitar Anda
Terkadang Anda perlu untuk merubah sekitar Anda. Karena kreativitas bisa saja datang dari melihat sekeliling Anda, maka meja kerja dan sekitar Anda perlu untuk di atur sesering mungkin untuk mencari ide baru.

4. Bermain Game untuk Mengisi Ulang Otak Anda
Daripada beristirahat dengan cara biasa, bermain video game bisa membantu Anda tetap mengisi ulang otak Anda. Karena Anda melakukan sesuatu yang menantang, dan juga membantu untuk menghabiskan energi. Selain itu juga bisa membuat Anda mempelajari berbagai hal untuk menjadi pemimpin yang baik dan mencapai tujuan.

Dopamine yang di hasilkan saat bermain game lah yang membantu Anda untuk semangat bekerja.

5. Mencari suatu Masalah
Penelitian membuktikan, mereka yang paling kreatif tidak hanya menyelesaikan masalah, melainkan mencari masalah yang bisa di selesaikan.

6. Mencoba dan Mengembangkan Sistem Anda
Jadilah pembaru yang terus mencoba berbagai hal. Dengan kata lain, jadilah seeorang yang belajar dari setiap kesalahan dan menyusun ulang menjadi sesuatu yang hebat. Kembangkan sistem Anda untuk mendapatkan ide kreatif.

7. Rajin Membaca
Membaca diketahui bisa meningkatkan konektivitas pada otak dan meningkatkan fungsi otak. Faktanya, bacaan bagus bisa memberikan pengalaman yang menggugah dan emosional.

Membaca memberikan Anda kunci untuk melihat pemikiran kreatif dari orang lain dan memperluas wawasan saat Anda mencoba untuk mengerti karakter pada sebuah buku, serta memberikan Anda informasi yang sebelumnya tidak Anda ketahui.

8. Mendengarkan Podcast
Jika Anda sering berlari untuk berolahraga, pasti nya Anda sering mendengarkan musik untuk menghilangkan kebosanan saat berlari, bahkan bisa membantu meningkatkan performa Anda, selain itu penelitian mengatakan bahwa seseorang jauh lebih terbuka dengan informasi baru ketika mereka berlari.

Ketika berlari Anda menciptakan ruang pada otak untuk memproses ide Anda atau dari orang lain. Jadi kenapa Anda tidak berolahraga sembari meningkatkan pengetahuan dan pemikiran kreatif Anda secara bersamaan.

9. Gunakan Kekuatan Kolaborasi
Sebuah grup yang berkolaborasi berarti banyak kumpulan skill dan perspektif yang tidak bisa Anda pikirkan sendirian. Setidaknya dengan berbicara dengan satu orang atau lebih bisa memberikan pandangan berbeda mengenai ide Anda yang lebih baru dan mengasyikan.

Lalu bagaimana kolaborasi yang kreatif? Pertama adalah dengan berpikir dan bukan nya mengkritik ide, fokus pada quantity, kemudian gabungkan dan kembangkan lagi ide yang merupakan hasil kolaborasi Anda.

10. Lihat Sejarah Sebelumnya
Gunakan sejarah untuk mendapatkan ide kreatif. Ternyata memiliki banyak ide yang tidak bagus atau ide buruk juga berarti Anda akan memiliki ide yang bagus.

Orang cenderung takut dengan ide yang buruk, namun sejarah membuktikan bahwa mereka yang sukses seperti entrepreneurs, penulis, dan pemusik lebih sering gagal dibandingkan berhasil.

11. Bangun Ketahanan
Ketahanan adalah salah satu kebutuhan dalam kreativitas. Kerja kreatif adalah sebuah proses yang merupakan kegagalan yang terus terulang hingga Anda mendapatkan sesuatu yang berhasil. Proses ini bisa terasa berat, namun Anda tidak perlu menganggap kegagalan secara pribadi.
12. Tanyakan Pertanyaan
Kunci utama untuk berkembang adalah untuk menjadi penuh dengan rasa ingin tahu. Einstein pernah mengatakan bahwa Dia tidak memiliki bakat spesial selain lebih memiliki hasrat ingin tahu. Dengan kata lain, tanyakan pertanyaan berdasarkan pengamatan dan pengalaman Anda.

Leornado da Vinci pernah berkata bahwa banyak orang melihat, namun hanya beberapa yang mengerti, dan pengertian itu merupakan fondasi dari pengalaman, dan merupakan fondasi dari pengetahuan.

13. Tuliskan Semua Ide yang Datang
Kreativitas datang dari coretan pada notebook dan menghasilkan ide yang kuat dan murni. Banyak orang sukses melakukan hal ini, mulai dari pelukis hingga peneliti sering menuilskan ide dan pemikiran mereka dalam tulisan, perkataan dan pengamatan.

Jadi pertimbangkan untuk menjadi pengamat dunia sekitar Anda. Perhatikan pada detail dan tuliskan apa yang Anda ketahui.

Penulis : Susana Young