.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Jaga Hatimu Dengan Tiga Hal ini


Kematian Beethoven yang menjadi misteri selama 2 abad kini terungkap. Ia menderita depresi, sakit di dada dan emosi yang tidak stabil. Tahun 1994 jawabannya ditemukan melalui analisa kimia rambut Beethoven. Ternyata ia keracunan timah, kemungkinan dari peralatan makan, ikan yang terkontaminasi, atau minum wine terlalu banyak. Keracunan ini tidak tiba-tiba, melainkan menumpuk sedikit demi sedikit, namun mematikan.

Seperti itu juga kepahitan yang ditumpuk dalam hati kita, mematikan hubungan kita perlahan tapi pasti, entah itu dengan pasangan, pemimpin, atau keluarga kita.  Bukan hal besar, kadang perkataan yang sedikit keras, perasaan tidak diperhatikan, diperlakukan tidak adil, atau kejengkelan karena hal-hal kecil. Banyak isteri memelihara kepahitan yang mematikan benih cinta yang tadinya ada, lalu berakhir dengan perceraian. Banyak orang berontak dari pemimpinnya, karena tidak bisa mengatasi kepahitan. Tandanya mudah dilihat, yaitu perkataan yang dilontarkan biasanya bernada minor.

Sadari Orang Bakal Gagal
Tidak ada orang yang tidak akan mengecewakan Anda, jadi jangan berharap terlalu banyak. Pasangan/pemimpin Anda bakal berbuat kesalahan, kadang kesalahan yang besar.  Ada saat-saat di mana Anda merasa tidak lagi mencintai pasangan Anda, atau tidak lagi bisa menghormati atasan Anda. Inilah saatnya Anda menggunakan “keputusan” bukan “perasaan” Anda untuk terus bekerja dan memegang komitmen.

Diskusikan Jangan Dipendam
Kemukakan dengan niat untuk berdiskusi, bukan langsung menuduh, mengkritik. Katakan “Saya merasa...” bukan “Kamu begitu begini.. dst.”
Maafkan
Seperti juga kita pernah menyakiti orang lain (sengaja atau tidak), kita perlu berbesar hati memaafkan orang yang menyakiti kita. Mari kita belajar dari kerang mutiara. Ia mengubah butiran pasir yang menyakitkan menjadi sebuah mutiara yang indah. Be better, not bitter  (EI)

Kepahitan dan Kebencian Menyakiti Satu Orang. Bukan Orang yang Kita Benci, Melainkan Diri Kita Sendiri

Penulis : Esther Idayanti
Image : food.ndtv.com