.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Enam Tanda Bahaya Pada Ginjal yang Perlu Diperhatikan


Ginjal Anda adalah pahlawan bagi tubuh Anda. Fungsi nya untuk menghilangkan sisa makanan dan cairan berlebih, juga mengatur berbagai peran penting dalam tubuh seperti mengatur kadar garam, potassium dan asam, membuat tekanan darah stabil, memproduksi vitamin D untuk tulang dan mengontrol produksi sel darah merah.

Ternyata meskipun penyakit pada ginjal tidak merupakan prioritas terpenting Anda, namun kenyataan nya sekitar 20 juta orang memiliki masalah ginjal.
Gejala dari kerusakan ginjal biasanya tidak terlalu terasa dan ketika Anda menyadari nya, biasa nya kerusakan yang terjadi sudah sangat serius.

Cara terbaik untuk melindungi diri Anda adalah dengan menjaga kadar gula pada darah dan tekanan darah Anda. Selain itu rutin mengecek setiap tahun ke dokter untuk memeriksa darah, air seni atau melakukan scan pada ginjal Anda bisa membantu.

Namun, berikut adalah 6 tanda yang bisa Anda perhatikan apakah ada masalah pada ginjal Anda, sehingga Anda tidak perlu untuk menunggu waktu pemeriksaan tahunan Anda.

1. Bengkak dan Berat Badan Bertambah dari Cairan yang Tersumbat 
Ginjal Anda seharusnya menghilangkan sisa makanan atau minuman dari tubuh Anda dalam bentuk cairan air seni. Jika ginjal mengalami perlambatan atau tidak bekerja dengan baik, maka cairan akan tersumbat. Hal ini bisa menyebabkan pembengkakan.

2. Jarang Kencing
Semakin banyak cairan tersumbat pada jaringan tubuh berarti semakin sedikit cairan yang keluar dari tubuh Anda.

3. Merasa Lelah atau Mengantuk
Sebagian fungsi dari ginjal adalah membantu mengatur kadar zat darah mereka. Ketika fungsi tersebut tidak berjalan dengan baik, Anda bisa saja terkena anemia, yang membuat level energi Anda menjadi turun.

4. Kehilangan Nafsu Makan, Merasa mual, atau Sulit Berpikir Jernih
Masalah ini terjadi ketika sisa makanan atau minuman tersumbat dan menjadi menumpuk pada sistem tubuh dan mulai menganggu bagian lain dari tubuh Anda, termasuk perut dan otak Anda.

5. Kenaikan Tekanan Darah
Putaran buruk terjadi, ketika ginjal Anda mengalami kerusakan, mereka tidak bisa mengendalikan tekanan darah. Tekanan pada darah kemudian memperbesar pembuluh darah yang kemudian menyebabkan kerusakan yang lebih parah akibat luka dan melemahnya pembuluh darah di ginjal.
6. Debaran Jantung Meningkat
Jika kerusakan pada ginjal Anda menyebabkan penumpukan potassium, Anda mungkin menyadari detak jantung yang tidak biasa.

Itulah enam tanda bahaya yang harus Anda waspadai, sebelum ginjal Anda menjadi rusak.


Penulis : Susana Young