.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Dengan Lima Pertanyaan Ini Dapat Membuat Keputusan Yang baik


Memilih antara yang baik dan buruk itu mudah. Tetapi yang sulit adalah memilih antara hal-hal yang sama baiknya atau sama buruknya. Apalagi bila data tidak lengkap, keadaan membingungkan, orang-orang berbeda pendapat, dan tidak ada satu jawaban yang jelas.  Joseph L. Badaracco, profesor di Harvard Business School memberikan lima pertanyaan yang bisa diaplikasikan juga dalam kehidupan sehari-hari:

Apa Konsekuensi dari Semua Pilihan-Pilihan Itu?
Bukan hanya tentang biaya, tetapi pikirkan siapa yang tertolong atau menderita, dalam jangka pendek dan jangka panjang. Seperti kata filsuf Cina, Mozi, “Tugas orang yang baik adalah mendukung apa yang menguntungkan dunia dan menghilangkan apa yang membahayakan.”

Apa Tanggung Jawab Utamaku?
Kita memiliki tanggung jawab pada perusahaan, pemegang saham tapi juga pada berbagai pihak lainnya. Tanggung jawab utama kita adalah menghormati kehidupan dan hak orang lain, serta menjaga martabat mereka. Tempatkan diri Anda pada orang-orang yang paling lemah, bagaimana Anda ingin diperlakukan? Apa yang fair? Apa yang mereka khawatirkan?

Seperti Apa Keadaan Apa Adanya?
Lihat masalah dengan jelas dan pragmatis, bukan seperti apa yang Anda ingin lihat, tetapi seperti apa adanya saat itu. Dari antara berbagai pilihan, mana yang kira-kira akan berhasil? Mana yang paling tangguh?

Siapa Kita?
Aristotle berkata manusia adalah makhluk sosial. Pertanyaan ini membuat Anda berpikir dalam kerangka hubungan, nilai-nilai, apa yang penting bagi tim Anda, organisasi, dan komunitas, lalu bagaimana bertindak sesuai hal tersebut?  Opsi mana yang paling mengekspresikan organisasi Anda?
Apa Aku Bisa Hidup Dengan Keputusanku?
Apakah Anda merasa nyaman dengan keputusan itu? Apakah Anda bisa hidup dengan konsekuensinya? Kira-kira kalau Anda menjelaskannya pada mentor atau seseorang yang Anda hormati, apa pendapatnya? (EI)

Bila Nilai-Nilai Anda Jelas, Pengambilan Keputusan Menjadi Lebih Mudah

Penulis : Esther Idayanti
Image : www.noreena.com