.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Cara Membuat Karyawan Anda Menjadi Penuh Kreativitas


Memaksa karyawan untuk lebih kreatif itu sangat sulit untuk di lakukan. Menatap pada kertas kosong hanya akan membuat Anda semakin stress, tapi biasa nya Anda tidak akan mendapatkan hasil apapun. Tidak ada hal spesial yang keluar dari memaksakan kreativitas.

Jika Anda terlalu fokus pada mencitakan sesuatu, biasa nya akan sulit untuk menjadi penuh imajinasi. Anda tidak bisa menaruh seseorang dalam sebuah ruangan dan berharap keajaiban dimana mereka menjadi lebih kreatif dalam sekejap.

Kreativitas bukanlah sebuah tugas yang harus di selesaikan atau dicampakkan. Atau sebuah masalah yang harus diselesaikan. Anda tidak bisa menjadi kreatif dengan di perintah. Semua membutuhkan waktu. Waktu lama untuk menanam dan mengembangkan ekspresi kreatif.

Kreativitas berkembang secara natural dan makin bertambah ketika Anda merangkul nya ke dalam pekerjaan Anda.

Anda bisa berdebat kalau Anda bisa memaksa kreativitas sampai batas tertentu, namun hasilnya akan jauh lebih sedikit dibandingkan jika kreativitas datang secara alami dan di biarkan untuk bertumbuh di lingkungan yang menerima dan memupuknya.
Otak Anda tidak bisa di paksa untuk fokus, atau bekerjasama dalam waktu tertentu. Tapi Anda bisa melakukan lebih baik di tempat yang nyaman di mana Anda di ijinkan untuk mengekspresikan kreativitas Anda tanpa rasa takut.

Berikan diri Anda sendiri kesempatan untuk mengembangkan kreativitas

Memaksa diri untuk mendapatkan ide yang inovatif di bawah tekanan biasa nya justru menjadi sebaliknya. Selain itu juga menghabiskan waktu produktif Anda. Seorang seniman tidak akan memaksa diri mereka untuk melukis setiap hari. Hal itu membutuhkan bulanan, bahkan tahunan untuk melakukan nya dengan benar.

Tidak ada jalan lain, pekerjaan kreatif membutuhkan usaha dan waktu.

Orang yang kreatif menikmati pekerjaan mereka. Sudah seharusnya proses tersebut menyenangkan, jika tidak maka akan menjadi halangan. Mereka lebih memikirkan mengenai eksplorasi, penemuan dan pembelajaran. Mereka menangani masalah dari perspektif yang berbeda.

Perusahaan inovatif merangkul kreativitas sebagai proses dalam bisnis

Perusahaan paling menakjubkan saat ini adalah perusahaan yang kreatif. Perusahaan yang di takdirkan untuk mengubah masa depan adalah mereka yang merangkul kreativitas dan inovasi dalam waktu yang panjang. Setiap perusahaan yang memperlakukan kreativitas sebagai darurat biasa nya akan mengalami kesulitan di masa depan.

Anda hanya bisa merangkul proses inovatif yang memakan waktu lama atau resiko terhambatnya perkembangan bisnis.

Jika Anda berpikir dengan jernih, setiap bidang memerlukan keterbukaan terhadap pengalaman atau rangsangan pada setiap tahap proses kreatif. Kesempatan untuk mencoba tidak boleh terlalu ditekan. Orang yang kreatif memerlukan ruang terbaik bagi ide untuk datang dalam periode waktu yang lama.

Mereka perlu kemampuan untuk melakukan tindakan dan mengembangkan ide mereka dalam lingkungan yang nyaman.

Menciptakan budaya dalam perusahaan yang mendukung eksperimen secara aktif

Perusahaan yang paling inovatif biasa nya memperkerjakan orang pintar dan memberikan tim kreatif mereka lingkungan dan ruangan untuk melakukan hal yang terbaik, untuk menciptakan dan melakukan pekerjaan yang hebat. Anda tidak bisa mengatur secara detail tim kreatif Anda.

Dan perusahaan terbaik akan menyediakan kantor kreatif yang di desain untuk membentuk cara berpikir dan yang di rasakan karyawan. Dan yang terpenting, menyediakan budaya yang mendukung penuh eksplorasi, percobaan dan merangkul dalam pencarian ide.
Anda bisa menyediakan ruang kantor beraik, namun jika Anda tidak mengijinkan mereka untuk menjelajah, mencoba dan menemukan ide baru, Anda akan kehilangan sebuah bakat kreatif. Perusahaan yang hebat mengijinkan karyawan mereka untuk menjelajahi setiap kemungkinan yang bisa di gunakan untuk mengembangkan atau meningkatkan produk dan servis.

Memang terlihat seperti menunggu waktu yang tepat untuk bertindak, namun biasa nya lebih ke arah sebuah proses yang mengijinkan ide untuk berkembang. Memaksa seseorang untuk lebih kreatif ketika mereka tidak dalam pikiran yang jernih hanya akan membuat mereka seperti katak dalam sebuah kotak.

Perusahaan yang benar - benar inovatif akan memperlakukan inovasi sebagai proses yang terus berjalan. Mereka terus mengenali setiap kesempatan untuk berkembang dan bertindak secepat mungkin. Latih karyawan Anda untuk berpikir seperti seorang inovator dan perusahaan Anda akan mendapatkan posisi yang baik ketika perubahan terjadi.

Dalam dunia yang terus berubah, hanya ini lah cara untuk bisa terus bertahan.

Penulis : Susana Young