.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Trik Atasi Malas Untuk Membersihkan Rumah


Membersihkan rumah bisa jadi pekerjaan yang membosankan dan melelahkan bagi Anda. Tapi semua harus di lakukan untuk bisa menerima tamu yang akan datang ke istana Anda. Tentu saja Anda tidak ingin kalau tamu Anda harus melihat beberapa kotoran saat di istana pribadi Anda kan?

Bisa saja Anda merasa sebagai orang yang cinta kebersihan, Anda sering mandi, Mencuci baju mingguan dan tidak pernah meninggalkan piring kotor di tempat cuci piring. Tapi bagaimana dengan membersihkan setiap pojok ruangan di rumah tercinta Anda?

Berikut adalah 7 trik yang bisa Anda gunakan untuk memotivasi diri Anda dalam membersihkan rumah.

1. Pecahkan Menjadi Beberapa Tugas Kecil
Penelitian di tahun 2015 menunjukkan bahwa dengan memecahkan tugas besar menjadi beberapa bagian kecil adalah cara untuk melawan penundaan. Karena dengan menyelesaikan satu tugas, meskipun kecil, bisa terasa memuaskan.

Jadi coba untuk memecahkan tugas bersih - bersih itu menjadi beberapa langkah mudah: membeli peralatan pembersih di hari pertama, membersihkan ruang tamu di hari berikut nya, membersihkan tempat cuci piring di hari ketiga, dstnya.

Dengan begini Anda bisa menyelesaikan nya di bandingkan jika Anda berharap bisa menyelesaikan semua hal dalam satu hari.
2. Menghilangkan Rasa Malas untuk Bersih - Bersih
Terkadang Anda akan merasa bersemangat untuk bersih - bersih dan terkadang Anda akan merasa malas. Begitu lah cara motivasi bekerja pada manusia.

Psikolog BJ Fogg menjelaskan, ketika Anda merasa bersemangat, Anda harus melakukan segala hal yang Anda bisa untuk membuat segala hal menjadi lebih mudah ketika hari dimana Anda sedang tidak bersemangat.

Contohnya, ketika sedang bersemangat, Anda bisa membeli peralatan pembersih, mengeluarkan nya dan menaruh ditempat yang mudah di jangkau. Dengan begitu ketika Anda pulang setelah hari yang panjang, Anda tinggal mengambil peralatan tersebut dan mulai bersih - bersih.

3. Atur 10 Menit Alarm
Atur alarm untuk waktu 10 menit dan lihat berapa banyak yang bisa Anda lakukan dalam rentang waktu itu. Biasanya ini bisa memotivasi Anda untuk terus melanjutkan nya, tapi jika tidak, setidaknya Anda sudah melakukan sesuatu.

Buat perjanjian dengan diri Anda sendiri, meskipun Anda tidak menyukai tugas tersebut, Anda akan melakukan nya selama 10 menit. Ketika Anda sudah membuat kemajuan, biasa nya akan lebih sulit untuk berhenti.

Jadi mulai menyapu setengah ruangan, atau merapikan kertas yang hendak di buang. Anda mungkin akan merasa sudah melakukan sesuatu yang akan membuat Anda terus melanjutkan nya.

4. Ingat Kalau Anda Tidak Harus Menunggu Hingga Merasa Ingin Membersihkan
Siapa bilang kalau Anda harus menunggu hingga Anda merasa ingin bersih - bersih untuk melakukan nya? Anda tidak perlu menunggu inspirasi untuk bersih - bersih, atau komitmen untuk membersihkan, walaupun hal itu juga baik.

Anda hanya perlu untuk melakukan nya.

5. Tidak Masalah untuk Menyuruh Orang Lain Melakukan Beberapa Hal
Melakukan bersih - bersih tidak harus di lakukan sendiri. Mungkin Anda sedang merasa malas atau waktu Anda terlalu berharga untuk bersih - bersih, maka tidak ada salah nya menyewa jasa orang lain untuk membersihkan rumah Anda.

Pertimbangkan apakah mengeluarkan uang untuk membayar jasa tersebut jauh lebih hemat di bandingkan Anda melakukan nya sendiri, dan seberapa banyak waktu serta uang yang bisa Anda hemat.

Jadi jika Anda ingin ruangan yang bersih dan tidak ingin mengeluarkan tenaga atau waktu Anda, maka menyewa jasa pembersih adalah opsi yang terbaik.

6. Gunakan Rencana Jika Sekian Maka
Gunakan rencana jika sekian maka harus melakukan hal ini dan mengapa hal tersebut bisa efektif.

Daripada mencoba untuk mencari semangat untuk menyapu tiga kali seminggu, Anda bisa memberikan instruksi yang jelas mengenai di mana dan kapan Anda akan menyapu. Contohnya, "jika hari ini merupakan hari sore minggu, mulai menyapu ruang tamu."
7. Tanyakan Pada Diri Anda Apakah Perlu untuk Membersihkan Sekarang Juga
Untuk semua kelebihan yang di dapat dari rumah yang bersih, ada cara produktif lain untuk menghabiskan waktu dan tenaga Anda.

Penting untuk mempertimbangkan apakah ruangan yang bersih bisa membuat Anda lebih bahagia. Jika Anda memiliki pilihan untuk pergi bersama anak Anda di hari sabtu yang cerah atau membersihkan meja Anda, maka pilihan pertama adalah hal yang lebih baik.

Penulis : Susana Young
Image : www.hgtv.com