.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tiga Belas Pelajaran Hidup yang Diajarkan Pada Anak


Sebagai orang tua pasti Anda ingin supaya anak bisa melalui hidup tanpa hambatan, sayang nya tidak semua orang bisa melalui kehidupan yang lancar, suatu saat pasti akan ada cobaan. Mungkin Anda sudah mengajarkan banyak hal kepada si kecil, tapi tidak ada salah nya untuk mengajarkan beberapa hal berikut.

Berikut adalah 13 pelajaran mengenai hidup yang bisa diajarkan pada si kecil:

1. Sarapan Sehat Pagi
Karena sarapan sehat ini bisa memberikan tenaga ekstra untuk si kecil di sekolah dan lebih sehat bagi nya.

Penelitian menuliskan, sarapan sederhana seperti semangkuk sereal, susu dan beberapa pisang bisa membantu si kecil lebih fokus, tanggap dan bahagia. Selain itu juga mencegah obesitas, menguatkan tulang dan gigi yang lebih sehat.

Sayangnya sekarang ini banyak anak tidak lagi makan sarapan karena disebabkan oleh terburu - buru dengan jadwal sekolah atau kerja orang tua nya yang padat. Anda bisa makan semangkuk oatmeal dan buah dalam waktu kurang dari lima menit, jadi set waktu Anda lebih awal dan pastikan anak Anda mendapatkan asupan gizi nya sebelum berangkat sekolah.
2. Tidak Masalah untuk Khawatir
Pastikan Anda mengajarkan pada anak bahwa suatu saat masalah pasti akan datang, dan tidak masalah bagi mereka untuk khawatir, serta jelaskan mengenai bagaimana masalah tersebut akan di selesaikan sebagai keluarga.

3. Mencintai Tubuh Mereka
Jaman sekarang, bahkan anak SD sudah mempercayai bahwa tubuh semakin kurus maka semakin baik. Sayang nya hal ini membuat anak mengalami depresi dan merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuh mereka.

Ajarkan pada anak Anda mengenai tubuh yang sehat, hadapi kepalsuan yang terus menyerang anak Anda. Ajarkan mereka untuk lebih mencintai tubuh mereka, dengan menerapkan pola hidup sehat dan makanan bergizi.

4. Jangan ______ dan menyetir
Jangan melakukan suatu hal yang bisa menganggu kemampuan Anda dalam menyetir kendaraan, mulai dari minuman keras hingga bermain smartphone.

Bagaimana cara mengajarkan nya? Mulai dengan menjadi contoh, dan jangan biarkan anak Anda melihat Anda memakai handphone saat mengemudi. Dan ketika mereka cukup dewasa untuk mengemudi, jangan lupakan untuk menerapkan aturan rumah Anda.

5. Dapatkan Cukup tidur
Saat ini banyak sekali yang mengalami kurang tidur, pastikan Anda untuk membatasi waktu tidur mereka, terutama dari game atau membalas pesan di handphone mereka.

Kekurang tidur bisa mengakibatkan depresi, yang kemudian akan menjadi masalah dalam sekolah, pekerjaan atau kesehatan.

6. Makan Sayuran
Anda bisa membuat anak Anda untuk tumbuh sehat, dengan memberitahukan mereka kalau Anda juga memakan sayuran saat Anda muda.

7. Pelajari Teknologi Internet
Jika Anda tidak memahami ketika berbicara mengenai Facebook, Twitter, dan sosial media lain nya, maka sudah waktu nya untuk mulai belajar, dan mencari tahu apa yang anak Anda lakukan ketika mereka online.

Tidak hanya untuk mengawasi penjahat seksual dan cyber bullying, tapi juga mengetahui apa yang mereka lakukan dengan profil dan foto. Jika anak Anda aktif di sosial media mereka, pastikan untuk memberitahu mereka untuk tidak memposting hal yang tidak layak di lihat banyak orang.

8. Makan Malam Bersama
Dengan makan malam bersama bisa membantu untuk mengurangi rasa gelisah dan depresi, terlepas dari pendidikan orang tua atau apakah keduanya bekerja.

Makan malam bersama tidak harus dengan Anda memasak di sore hari. Anda bisa saja dengan membeli makanan di luar, atau pesan makanan untuk di antarkan. Pastikan kalau makanan tersebut juga sehat, dan tambahkan beberapa sayuran yang sehat di meja makan.

9. Tanyakan Mengenai semua hal, Termasuk Seks
Pastikan untuk selalu terbuka dalam berkomunikasi, jadi ketika memiliki pertanyaan besar seperti seks tidak akan menjadi masalah.

Setiap sekolah akan memberikan jawaban yang berbeda mengenai masalah reproduksi dan orang tua perlu untuk mengerti apa yang di ajarkan dan tidak. Ketika anak Anda mengetahui mengenai masalah seksual baik dari teman atau TV, maka tugas Anda adalah untuk mengajarkan hal yang benar kepada anak Anda.

10. Berhenti Minuman Bersoda
Jaman sekarang ini banyak remaja minum hampir dua kaleng soda setiap hari, terutama di beli di sekolah mereka.

Ekstra 2,100 kalori perminggu pada soda bisa memberikan peran untuk obesitas anak dan resiko terkena diabetes, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Selain itu minum minuman bersoda dibandingkan susu ternyata berperan juga dalam tulang keropos, gigi bolong, dan ketagihan kafein.

Jika anak Anda sudah ketagihan, bantu mereka dengan menyediakan opsi minuman lain seperti air infus buah, atau sari buah, es teh, dan masih banyak lagi.

11. Bergerak Setiap Hari
Jaman sekarang, olahraga yang banyak dilakukan anak - anak biasanya hanya mengerakan jempol mereka.

Ajak anak Anda untuk menikmati berolahraga, baik pergi bersama keluarga di hari sabtu, menaiki sepeda, atau berjalan bersama saat pulang sekolah atau berbelanja bersama. Yang terpenting adalah semua keringat dan senyuman tersebut tidak harus berada di dalam gym.

12. Hargai Teman Baik Anda
Ajarkan anak Anda untuk mencari teman di mana Dia bisa melakukan hal yang Dia sukai, cari teman baik yang memiliki kesukaan yang sama, dan bukan mencari banyak teman atau menjadi popular di sekolah.
13. Selalu Bersyukur
Ajarkan anak untuk selalu bersyukur atau berterima kasih untuk setiap hal yang di lakukan orang lain meskipun kecil dan tidak signifikan.

Seperti biasa Anda adalah panutan anak Anda, mulai dari Anda untuk bersyukur dan berterima kasih, maka anak Anda akan mengikuti nya. Memberitahukan orang mengenai pekerjaan mereka yang bagus, betapa baik mereka, atau betapa keren nya mereka, selama hal tersebut memang benar.

Penulis : Susana Young
Image : www.avivaindia.com