.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Sembilan Tanda Ketidaksuburan Pada Pria dan Wanita


Sekitar 1 dari 8 pasangan berjuang dengan ketidaksuburan dan tanda paling jelas adalah tidak bisa hamil meskipun sudah melakukan hubungan seks selama 6 bulan atau setahun, bergantung pada umur Anda.

Berikut adalah sembilan gejala penting lain yang harus di waspadai, karena bisa menjelaskan mengapa Anda tidak bisa mengandung.

1. Masa Haid Tidak Teratur atau tidak ada sama sekali
Tanda paling mudah terlihat untuk mengetahui apakah Anda subur atau tidak bisa terlihat dari masa haid yang tidak teratur atau tidak ada. Untuk mendapatkan masa haid yang teratur, tiga bagian pada tubuh harus bekerja sama, jika tidak berarti ketidakseimbangan hormon.

Jika putaran masa haid Anda menurun dari 28 hari menjadi 21 hari, atau masa haid Anda berhenti, ada kemungkinan Anda sedang mendekati menopause.
2. Masa Haid yang Berat atau Menyakitkan
Sekitar 5 hingga 10 persen wanita yang tidak subur memiliki masa haid yang teramat berat, yang bisa disebabkan oleh uterine fibroids. Selain itu, masa haid yang menyakitkan bisa jadi karena Anda memiliki endometriosis, sebuah kondisi yang biasa nya di asosiasikan dengan ketidaksuburan.

3. Masalah Pengelihatan dan Kecerobohan
Jika pengelihatan Anda tidak lagi kuat seperti dulu, atau tiba - tiba Anda menjadi ceroboh dan masa haid Anda menjadi tidak teratur, bisa jadi itu adalah tanda dari prolactinoma, atau tumor non-kanker pada pituitary gland yang bisa mempengaruhi kesuburan Anda.

Datangi dokter Anda untuk melakukan pengecekan dan pengobatan. Setelah pengobatan masa haid Anda biasanya akan kembali normal dan meningkatkan kemungkinan untuk hamil.

4. Rambut Berlebih
Jika Anda memiliki rambut berlebih pada wajah atau bagian tubuh lain nya, bisa saja Anda terkena polycystic ovary syndrome (PCOS), gejala ketidakseimbangan hormon dan penyebab terjadinya ketidaksuburan.

PCOS menyebabkan indung telur menciptakan lebih banyak androgens, atau hormon, dibandingkan jumlah normal dan menciptakan pemutusan hubungan pembicaraan antara otak dan indung telur. Gejala dari PCOS biasanya terlihat dari tidak teratur nya masa haid, berat naik dan jerawat.

5. Hilangnya Fungsi dan Hasrat Seksual
Penelitian menunjukkan sekitar 40 persen pasangan yang berjuang dengan ketidaksuburan, para pria menjadi penyebab utama atau salah satu penyebab.

Pria yang kehilangan hasrat, memiliki kesulitan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi, bermasalah atau sakit saat ejakulasi, bengkak atau benjol pada testikel bisa berarti ada masalah pada kesuburan.

6. Kenaikan Berat Badan
Sekitar 45 persen wanita akan mengalami kenaikan berat badan atau obesitas sebelum mereka hamil, dan membawa beberapa ekstra pound bisa membuat kehamilan menjadi sulit. Selain itu terlalu kurus, terlalu keras berolahraga atau suka berolahraga bisa membuat Anda memiliki masa haid yang tidak teratur.

Yang kemudian bisa menyebabkan ketidaksuburan. Bicarakan pada dokter atau ahli nutrisi Anda untuk membuat rencana untuk mendapatkan berat yang sehat.

7. Seks yang Menyakitkan
Jika berhubungan seks terasa menyakitkan, pelumas mungkin bisa membantu kekeringan pada miss V yang disebabkan oleh kurang nya estrogen, tanda akan lebih awal nya menopause dan halangan untuk menjadi hamil.

8. Rambut Menipis atau Rontok
Jika rambut Anda terlihat lebih tipis atau rontok, bisa jadi Anda memiliki disfungsi thyroid yang bisa mempengaruhi pembuahan. Beberapa gejala tambahan untuk diperhatikan adalah kegelisahan, berat badan menurun, jantung berdebar kencang dan mudah lelah.
9. Kekurangan Vitamin D
Menurut laporan dari CDC, sekitar 41.6 persen orang kekurangan vitamin D dan hal tersebut bisa di kaitkan dengan ketidaksuburan. Meskipun beberapa penelitian menunjukkan jumlah vitamin D yang cukup bisa membantu kesuburan pria dan wanita, para ahli menyetujui bahwa tidak cukup data untuk menunjukkan bahwa kekurangan tersebut bisa menyebabkan ketidaksuburan.

Meski begitu, vitamin D penting untuk mendapatkan tulang yang kuat, kekebalan tubuh dan kesehatan jantung, jadi tanyakan pada dokter apakah Anda harus mendapatkan tambahan vitamin.

via : www.foxnews.com