.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Kesalahan Bagi Penderita Penyakit Tekanan Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi sudah membunuh banyak sekali manusia dalam setahun, ironis nya masih banyak yang salah kaprah mengenai kondisi bersangkutan. Banyak yang tidak menyadari bahwa pola hidup mereka bersangkutan dengan kemungkinan terkena darah tinggi, yang kemudian menyebabkan berbagai komplikasi dan stroke.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin salah Anda lakukan ketika berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

1. Anda Menunggu Sampai Terdapat Tanda Terkena Tekanan Darah Tinggi
Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala apapun. Jadi Anda tidak akan tahu seberapa tinggi tekanan darah Anda jika tidak di periksa. Jangan menunggu sebelum terjadi sakit kepala, susah bernafas atau hidung berdarah untuk mengetahui Anda terkena tekanan darah tinggi.

Segera periksakan sebelum terlambat. Jika Anda berumur lebih dari 18 tahun, segera periksakan ke dokter untuk tekanan darah Anda setiap dua tahun jika tekanan darah Anda kurang dari 120/80, dan setahun sekali jika 120-139/80-89.
2. Anda Tidak Berolahraga atau Tidak Berolahraga dengan Benar
Jangan berhenti berolahraga karena takut terkena serangan jantung atau stroke. Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi perlu untuk tetap berolahraga karena tidak hanya hal tersebut bisa membantu tekanan darah, tapi juga keseluruhan kesehatan mereka.

Olahraga selama 30 menit atau lebih setiap hari bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah Anda. Olahraga seperti apa yang bagus? Olahraga yang bisa mengeluarkan keringat tapi juga masih bisa untuk berbicara dengan orang lain.

Latihan aerobik merupakan yang terbaik untuk mereka dengan tekanan darah tinggi. Berjalan, berlari, bersepeda, berenang, mendayung perahu, ber-ski, naik tangga, semua yang tergolong latihan aerobik.

3. Tidak Memakan Makanan Mengandung Lemak Sama Sekali
Teman Anda mungkin merekomendasikan untuk tidak makan makanan berlemak karena tahu Anda memiliki tekanan darah tinggi, atau mungkin Anda membaca di internet kalau lemak bisa meningkatkan tekanan darah Anda.

Mereka benar, tapi hanya sebagian saja.

Menghindari lemak sepenuhnya tidak akan membantu Anda sama sekali. Beberapa lemak seperti omega-3 malah baik untk jantung dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Jadi kenapa tidak perbanyak makan lemak sehat seperti ikan salmon, makarel, herring, tuna dan sardine sebanyak 2-3 kali seminggu.

4. Anda Mulai atau Berhenti Mendadak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Anda mungkin di beritahu kalau alkohol ternyata baik untuk jantung, namun penelitian mengatakan minum sedikit alkohol bisa menurunkan tekanan darah. Batasan nya adalah satu kali minum sehari untuk wanita dan pria di atas 65 tahun, dan dua kali sehari untuk pria berumur 65 tahun kebawah.

Yang tidak Anda sadari adalah ketika Anda minum lebih banyak, hal itu bisa menaikkan tekanan darah Anda, dan mengurangi efektifitas pengobatan tekanan darah. Sering minum setiap malam juga bisa menaikkan tekanan darah. Selain itu jangan langsung meminum minuman berakohol hanya untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda, karena hal tersebut justru bisa berbahaya.

Jika dokter Anda menyarankan untuk berhenti minum minuman beralkohol, jangan langsung berhenti secara mendadak karena hal tersebut hanya akan memicu kenaikan dalam tekanan darah selama beberapa hari. Lakukan secara perlahan dengan mengurangi minum dalam periode satu atau dua minggu.
5. Anda Mengira Tekanan Darah Tinggi Hanya Bisa Dikurangi Dengan Pengobatan
Mengendalikan stress dan belajar hidup sehat bisa membantu mengurangi tekanan darah Anda dan juga mengurangi kebutuhan untuk melakukan pengobatan tekanan darah. Berbagai senam seperti meditasi, yoga, pernafasan, tai-chi bisa mengurangi tekanan pada pikiran Anda.

Untuk itu, ingat untuk memberitahukan dokter Anda mengenai cara apa saja yang ingin Anda lakukan, dan mengurangi atau memberhentikan pengobatan dalam pengawasan mereka.

Penulis : Susana