.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Lima Alasan Kenapa Berjalan Merupakan Meditasi Terbaik


Siapa sih yang tidak ingin sehat baik jasmani dan rohani. Anda mungkin sedang mencari cara yang praktis untuk tetap menjaga kesehatan, dan Anda sudah mendengar mengenai meditasi yang bisa memberikan manfaat seperti menurunkan stress dan kegelisahan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi rasa sakit.

Namun peneliti memberitahukan bahwa meditasi ternyata bisa meningkatkan zat abu - abu pada otak, yang bisa meningkatkan fungsi memori, emosi yang lebih stabil, dan sikap berhati - hati.

Masalah yang kemudian dihadapi adalah tidak semua orang bisa duduk tenang dan memperhatikan pernafasan mereka. Tidak hanya susah untuk mencari ketenangan dalam pikiran tersebut, terkadang amat susah untuk mencari ketenangan ketika Anda hidup bersama orang lain, mempunyai anak atau istri, dan hewan peliharaan.

Lalu kenapa tidak meditasi sambil berjalan?

Coba untuk berjalan seperti biasa di lingkungan Anda selama beberapa hari tanpa memikirkan apapun selama beberapa jam. Hal yang menarik adalah beberapa menit atau jam pertama mungkin Anda akan memiliki banyak pikiran, namun dengan cepat semua yang bisa Anda pikirkan akan hilang sambil menatapi pemandangan disekitar Anda.

Tidak perlu diam lama, menyilangkan kaki, atau bermeditasi. Siapa tau meditasi sambil berjalan merupakan hal yang cocok bagi Anda, berikut ini adalah alasan nya.
1. Menjernihkan Pikiran Anda
Tidak seperti meditasi yang terarah, yang menyuruh Anda untuk mengosongkan segala jenis pikiran, berjalan secara alami membuat pikiran Anda untuk menjadi tenang.

Meskipun pada awal nya Anda akan memikirkan berbagai hal yang perlu Anda lakukan hari ini atau minggu ini, beberapa saat kemudian, ritme berjalan dan pergerakan Anda akan menjadi lebih terfokus, yang membuat Anda terfokus pada jalan di depan Anda.

Instrumental musik juga bisa membantu Anda dalam mencari ketenangan saat berjalan.

2. Anda Bisa (hampir) Melakukannya Dimanapun
Dengan meditasi biasa Anda membutuhkan ruangan yang tenang di mana Anda bisa menyendiri, sedangkan berjalan bisa di lakukan di manapun (kecuali bangunan tinggi atau pesawat ruang angkasa). Anda tidak harus mendaki gunung, atau melewati gurun untuk mendapatkan efek dari meditasi sambil berjalan.

Anda bisa mendengarkan musik, tapi jangan lupa untuk mengeset handphone Anda ke mode pesawat, jangan cek pesan, email atau sosial media. Biarkan pikiran Anda fokus pada berjalan, bukan pada tujuan atau gangguan sepanjang jalan, tapi hanya pada gerakan berjalan, ritme kaki, mengetahui bahwa Anda berjalan dalam tujuan, tapi tidak terpengaruh dengan kapan atau di mana Anda akan tiba.

3. Membuat Tubuh Anda Bergerak
Salah satu kekurangan dalam meditasi umum adalah tubuh menjadi kaku. Dia ingin bergerak, atau Anda merasakan nyeri pada tangan, atau tiba - tiba ingin mengaruk siku Anda.

Dengan berjalan, semua itu sudah teratasi. Tubuh Anda sudah terganggu, karena selalu berjalan dengan ritme teratur yang membuat pikiran Anda menjadi fokus. Selain itu hormon endorphins yang di hasilkan dari berolahraga terlepas, yang membuat pikiran Anda merenungkan hal dalam cara yang lebih positif.

4. Membuat Anda Terhubung dengan Alam
Penelitian membuktikan ketika terhubung dengan alam secara teratur, baik dengan berjalan, berkebun, atau mengajak anjing jalan - jalan, bisa meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi stress, kegelisahan, dan depresi.

Berjalan merupakan kesempatan yang tepat untuk hal ini. Ketika dalam kota, Anda bisa berjalan ke taman. Ketika cuaca sedang buruk, Anda bisa menikmati angin dan hujan di kulit Anda. Dengan berada di alam bebas meningkatkan Anda siapa diri Anda, hubungan Anda dengan dunia ini, dan membuat Anda merasa bahwa masalah Anda itu sebenarnya merupakan masalah kecil saja.
5. Memberikan Jarak yang Anda Cari
Baik berjalan di taman, atau pergi mendaki gunung, berjalan memberikan Anda jarak secara fisik dan mental dari masalah apapun yang menganggu Anda.

Ketika pikiran Anda menjadi jernih, serta tidak memikirkan apapun untuk sejenak, membuat Anda bisa untuk mendekati masalah dari perspektif baru. Anda bisa sendirian, dan memikirkan berbagai hal yang terjadi tanpa gangguan, atau masukan dari pihak lain.

Anda akan menemukan bahwa ketika Anda pulang ke rumah, Anda mendapati pemikiran berbeda dengan yang sebelum nya, lebih tenang, lebih jelas, dan siap untuk memulai kembali.

Penulis : Susana Young