.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Empat Hal yang Harus Diperlihatkan Kepada Anak Dalam Pernikahan


Dalam suka duka menjalani pernikahan, mulai dari pacaran, menikah, sampai mempunyai anak. Semua ada naik turun nya, yang mungkin tidak banyak terlihat di luar. Mulai dari hal yang indah, sampai kekerasan yang sering terjadi, anak biasa nya menjadi saksi.

Dalam pernikahan biasa nya ada hal yang boleh dan tidak boleh diperlihatkan sebagai orang tua, terutama pada anak. Namun apa saja yang boleh dan tidak boleh diperlihatkan?

Berikut adalah 4 hal yang harus Anda perlihatkan pada anak:

1. Berdoa
Berdoa biasa nya merupakan hal pribadi yang terjadi antara Anda dengan Tuhan. Sedari kecil bisa jadi Anda berpikir seperti itu, Anda jarang sekali berdoa bersama keluarga, dan berdoa untuk hal - hal yang kecil, mungkin Anda masih berdoa sebelum makan.
Jika Anda ingin anak untuk selalu berdoa kepada Tuhan, maka sudah sepatut nya mereka melihat Anda memulai nya terlebih dulu, dan ini bagus bagi Anda yang ingin menguatkan hubungan keluarga secara spritual.

2. Mengambil Keputusan
Anak harus melihat orang tua nya berdiskusi sebelum mengambil keputusan, baik itu kecil atau besar. Tidak ada yang salah dengan pasangan saling berbeda pendapat mengenai apa yang terbaik bagi keluarga.

Intinya bagi anak adalah bukan melihat siapa yang menang, melainkan ketika ada perbedaan pendapat, maka harus ada kompromi. Agar anak bisa melihat Anda mengambil keputusan bersama, pengambilan keputusan tidak seharusnya hanya sebelah pihak saja.

3. Bertengkar
Tidak masalah bagi anak untuk melihat ketika Anda bertengkar, hanya saja jangan sampai pertengkaran itu berakibat kontak fisik atau omongan kasar dan hinaan. Pertengkaran akan memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar mengatasi konflik secara dewasa.

4. Menunjukkan Perhatian
Apa hal terhebat setelah Anda bertengkar dengan pasangan? Anda saling meminta maaf! Menunjukkan perhatian pada pasangan juga teramat penting.
Anda ingin agar anak Anda mengerti bahwa menyayangi pasangan adalah hal yang penting satu sama lain.

Meskipun sudah menikah, jangan lupakan untuk selalu menghargai dan menjaga pasangan Anda. Anak Anda akan tertawa dan menutup mata mereka ketika melihat Anda berciuman dengan pasangan Anda, tapi mereka juga melihat dengan perasaan bahagia, karena mereka tahu kalau orang tua nya saling mencintai, bukan hanya melalui ucapan, tetapi juga melalui tindakan.

Penulis : Susana Young
image : www.samluce.com