.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Empat Cara untuk Mencintai Diri Sendiri


Apakah Anda seorang eksekutif di perusahaan besar, atau orang tua yang mengurus rumah tangga, mengkritik diri sendiri adalah hal yang sering di lakukan oleh semua orang. Beberapa bahkan menganggap bahwa dengan mengkritik diri sendiri bisa meningkatkan diri.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkritik diri sendiri hampir sama dengan mensabotase diri sendiri. Selain itu juga bisa melukai performa, produktivitas, dan kesehatan Anda.

Wanita cenderung memberikan serangan yang lebih kritikal, mereka cenderung menyalahkan diri sendiri saat gagal, dan memberikan kredit pada orang lain atau keadaan ketika berhasil (dimana pria justru sebaliknya), dan inilah penyebab mengapa wanita sering gagal untuk meminta promosi.

Dengan menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang pada diri Anda sendiri bisa membantu untuk mengurangi atau menghilangkan kritikan pada diri sendiri.

Selain itu banyak sekali manfaat nya seperti meningkatkan motivasi dan tekad, juga bisa meningkatkan perspective Anda dan pengambilan keputusan. Hal lain nya adalah membuat Anda lebih tabah dalam menghadapi kegagalan dan belajar dari kesalahan, lebih pintar, menurunkan stress, dan meningkatkan kesehatan Anda.
Meningkatkan rasa sayang pada diri sendiri membutuhkan latihan, berikut adalah empat cara melakukan nya:

1. Perhatikan saat Anda Berbicara pada Diri Sendiri
Saat Anda mengalami kegagalan atau tantangan, perhatikan omongan yang keluar dari mulut Anda yang bisa mengkritik diri sendiri dan gantikan dengan rasa sayang pada diri Anda.

Daripada Anda memarahi diri sendiri, atau merasa bodoh, akan lebih baik jika di gantikan dengan memaklumi bahwa itu bisa terjadi pada siapapun dan bertekad untuk memperbaiki nya.

2. Tulis Surat pada Diri Anda Sendiri 
Ketika emosi Anda sulit untuk di kendalikan, mengapa tidak mencoba menulis surat untuk diri sendiri seperti ketika menulis surat pada teman.

Memang akan terasa aneh saat pertama, tapi dengan menuliskan nya seperti kepada teman yang Anda peduli, di harapkan Anda bisa mengerti apabila hal itu terjadi pada nya, dan bagaimana nasihat Anda akan menenangkan nya.

3. Buat Kata yang bisa Memberikan Rasa Sayang pada Diri Anda
Dengan membuat atau mengingat mantra atau perkataan tertentu bisa membantu Anda dalam situasi yang menantang, jadi Anda bisa menghadapi nya dengan tenang dan sepenuh hati.

Contoh: "Ini adalah saat di mana Aku akan menderita. Penderitaan itu adalah bagian dari hidup. Aku harus tetap lembut pada diri ku sendiri, semoga Aku bisa memberikan rasa sayang yang Aku butuhkan".
4. Buat Daftar Bersyukur Anda
Tuliskan lima hal yang Anda syukuri setiap hari. Meskipun terlihat sederhana, namun dengan terus menerapkan nya setiap hari bisa menjadi hasil yang kuat dan tahan lama.

Untuk meningkatkan kasih sayang, setiap hari setelah selesai semua kegiatan, dengan menulis lima hal yang Anda bangga karena berhasil di selesaikan, atau lima kualitas positif yang ada pada diri Anda.

Penulis : Susana Young
Image : www.tinybudha.com