.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Empat Cara Ampuh Membangkitkan Tujuan Hidup Anda


"Dia yang memiliki tujuan hidup, bisa mengatasi semua masalah." Jika Anda merasa letih, tidak memiliki semangat, atau hanya mentok, dengan membangkitkan "tujuan" yang Anda kejar akan membantu untuk mencoba lebih keras dan tetap bertahan.

Tujuan yang kuat akan menjadi kewaspadaan dan kesadaran bahwa Anda ada karena suatu alasan. Kepercayaan itulah yang membuat hidup Anda lebih berarti dan apapun yang Anda lakukan itu berarti bagi Anda.

Setiap orang memiliki alasan atau tujuan hidup, dengan fokus dan menyadari alasan tersebut setiap hari bisa merubah kehidupan pribadi, kepemimpinan, dan pekerjaan Anda. Bahkan membuat Anda hidup lebih lama.

Seperti olahraga, "tujuan" bukanlah sesuatu yang begitu saja terjadi atau sesuatu yang bisa Anda pergi dan temukan begitu saja. Membangkitkan "tujuan" Anda membutuhkan latihan dan kesabaran seperti mengembangkan kebiasaan baru.

Begini cara memulainya:
1. Percaya Kalau diri Anda Berarti
Secara science, Anda tidak mungkin tidak berarti. Sesungguhnya Anda harus tau kalau semua orang adalah bagian dalam kehidupan, sistem rumit bernama Bumi. Dan dengan menjadi bagian dari sistem, setiap pemikiran, perkataan, dan tindakan akan memiliki dampak baik positif atau negatif pada dunia ini.

Dalam sistem yang mengedepankan interaksi secara terus - menerus, Anda tidak akan tau kapan siapa yang akan menjadi pemeran penting dalam drama kehidupan ini.

Kunci dan syarat untuk membangkitkan tujuan Anda adalah dengan percaya kalau Anda itu berarti, sekarang juga. Setiap kali perasaan ragu muncul dalam pikiran Anda, katakan bahwa "Aku ini berarti."

2. Lebih Fokus Pada Orang Lain
Kesalahan terbesar ketika seseorang mencoba membangkitkan tujuan hidup mereka adalah mereka terlalu fokus pada diri mereka sendiri. Ironis nya, jika bukan karena orang lain, Anda bisa jadi tidak akan memiliki tujuan atau alasan hidup.

Terus memikirkan dan mengingatkan diri Anda bahwa setiap hal di lakukan setiap hari bisa membantu orang lain akan mengubah hidup Anda.

Dengan berlatih, pilih hal yang paling duniawi dari hidup Anda. Ketika Anda mencari dan menyelesaikan masalah tersebut Anda membantu orang lain menyelesaikan masalah yang sama. Selain itu juga akan membuat Anda lebih bahagia dan sehat.

3. Fokus dan Tuliskan Jurnal Harian Dalam Satu Minggu
Coba untuk menulis pada sebuah jurnal selama 7 hari. Setengah jam sebelum tidur, buat tiga daftar. Yang pertama berisi tentang yang Anda suka lakukan sepanjang hari tersebut, tuliskan semua (tidak peduli betapa sederhana atau sebentar) yang datang pada pikiran Anda.

Berikutnya, tulis semua hal baik yang terjadi pada hari tersebut. Baik mendengarkan teman atau mencari motivasi, tulis semua nya.

Dan terakhir, tulis semua yang mengganggu pikiran Anda mengenai dunia ini pada hari tersebut. Apa yang Anda lihat di berita dan tidak bisa berhenti untuk di pikirkan? Ketika Anda keluar dan melihat sesuatu, apa yang membuat Anda kesal?

Setelah seminggu berlalu, lihat pada daftar Anda. Anda akan menemukan kesamaan pada daftar tersebut. Kesamaan yang bisa menentukan dan membangkitkan tujuan Anda.

Ide ini di sebut dengan konvergensi, dan bisa membantu mencari tahu hal terbaik apa yang baik untuk Anda fokuskan.
4. Coba Sesuatu yang Baru Setiap Hari
Terkadang Anda terbentur akan rutinitas, yang membuat Anda melewatkan banyak kesempatan untuk membangkitkan tujuan Anda. Maka dari itu coba lah untuk melakukan hal baru setiap hari.

Selain mengasyikan, mencoba hal baru secara psikologi bisa membantu menghilangkan zona nyaman dalam otak dan pikiran Anda. Seiring waktu Anda akan menjadi nyaman dengan situasi yang baru dan mengambil resiko, pada saat itu Anda siap untuk meloncat pada kesempatan baru yang ada.

Terkadang bukan masalah uang, waktu, atau ketidakpraktisan yang menghambat Anda untuk hidup dengan tujuan, melainkan pembatas yang di buat oleh otak tanpa seijin Anda.

Anda memiliki arti dan tujuan. Sekarang adalah waktunya untuk membangkitkan hal tersebut.

Penulis : Susana Young
Image : www.fiprechi.org