.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Delapan Faktor yang Mendukung dalam Kestabilan Emosi dan Mental


Duke University mengadakan studi tentang “Peace of Mind” atau ketenangan dalam pikiran. Ada 8 faktor yang sangat mendukung dalam kestabilan emosi dan mental Anda, yaitu:

1. Tidak Ada Rasa Curiga dan Sakit Hati.  Memelihara dendam adalah faktor utama penyebab ketidakbahagiaan.

2. Jangan Tinggal di Masa Lalu. Terus-menerus memikirkan kesalahan dan kegagalan masa lalu dapat membuat Anda depresi.

3. Jangan Membuang Waktu dan Energi Melawan Keadaan yang Tidak Bisa Anda Ubah. Bekerja samalah dengan kehidupan, dan jangan berusaha lari darinya.

4. Paksakan diri Anda untuk terlibat dalam kehidupan. Jangan tergoda untuk menarik diri dan menutup diri saat mengalami tekanan emosi.

5. Tolak Keinginan untuk Mengasihani Diri Ketika Kehidupan Menipu Anda. Terima fakta bahwa tak ada seorang pun yang bisa melewati kehidupan ini tanpa kepedihan dan kemalangan.

6. Bangun Sifat-sifat Baik seperti: cinta kasih, humor, belas kasihan dan kesetiaan

7. Jangan Berharap Terlalu Banyak Dari Diri Anda Sendiri. Ketika ada jurang yang terlalu besar antara harapan dan kemampuan diri untuk mencapai sebuah tujuan, maka Anda akan merasa tidak mampu.
8. Temukan Sesuatu yang Lebih Besar dari Diri Anda Sendiri. Orang yang egois dan berpusat pada diri sendiri ada di urutan bawah dalam kebahagiaan.

Nasihat terakhir, untuk mendapatkan ketenangan pikiran, berhentilah dari usaha Anda untuk menjadi manajer dari seluruh alam semesta ini! (EI)

Ketenangan Pikiran Terjadi Bila Anda Menghentikan Ekspektasi dan Mulai Menerima

Penulis : Esther Idayanti