.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Batasi Penggunaan Gadget dan Internet Pada Anak


Anak-anak sekarang tidak terpisahkan dengan gadget dan internet.  Sejak dini  di sekolah diajarkan menggunakan komputer, tetapi di rumah ternyata mereka diperkenalkan pada gadget dalam usia yang lebih muda lagi. Tidak jarang kita lihat anak balita main game di gadget. Anak senang dan orangtua juga senang karena tidak terganggu!

Berapa lama sebenarnya anak-anak boleh bermain gadget dan menghadap layar?  Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), media sama sekali tidak disarankan untuk anak di bawah 2 tahun.  Di tahun-tahun pertama pertumbuhan mereka, otak anak berkembang sangat pesat, dan anak-anak ini belajar melalui interaksi dengan orang lain, bukan dengan layar.

Anak-anak dan remaja sebaiknya bermain dengan komputer atau gadget tidak lebih dari 2 jam sehari (di luar mengerjakan tugas sekolah). Itu pun harus konten yang bermutu. Penting bagi anak-anak untuk bermain, membaca, dan melakukan hobi mereka.  Kenyataannya, menurut penelitian AAP anak-anak menghabiskan waktu 7 jam sehari menonton TV, bermain dengan telepon genggam, gadget, komputer, atau alat elektronik lainnya. Padahal menurut penelitian, penggunaan yang berlebihan ini mengakibatkan gangguan tidur, masalah di sekolah, kurangnya perhatian, gangguan makan dan kegemukan. Selain itu, ada resiko mereka membuka situs yang buruk, sehingga mengakibatkan gangguan perilaku.
Batasi penggunaan gadget dan komputer, dan pastikan mereka mengunjungi situs yang aman serta mendidik.  Internet memberi kesempatan terbesar untuk anak-anak kita, tetapi juga menjadi ancaman terbesar bila kita tidak bijaksana mengawasinya (EI)

Terlalu Banyak Waktu Di Internet Membuat Anak-anak Mengetahui Tentang Dunia, Tetapi Tidak Mengetahui Apa-apa Tentang Hidup

Penulis : Esther Idayanti
image : www.telegraph.co.uk