.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Tanda Kerontokan Rambut yang Anda Tidak Sadari


Ketika Anda sedang menyisir rambut atau pergi ke salon Anda menyadari seperti nya ada sesuatu yang salah. Rambut rontok tidak terjadi dalam semalam, dan Anda tidak akan menyadari kalau terdapat masalah sampai semua nya terlambat.

Ketika Anda menyadari terlambat, selain mempengaruhi penampilan juga kesehatan kejiwaan Anda.

Ketika terjadi kerontokan rambut, biasa nya wanita yang lebih terpukul dan jarang dibicarakan. Faktanya sekitar 38% wanita akan mengalami kerontokan rambut. Jadi jangan merasa malu dan terisolasi ketika hal ini terjadi.

Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan rambut dari kerontokan? Kunci nya adalah mengetahui kerontokan ini lebih awal, karena semakin cepat terdeteksi dan di obati, maka akan lebih baik.

Berikut adalah tanda awal kerontokan pada rambut:

1. Melihat lebih banyak kulit pada kulit kepala ketika rambut di tarik kebelakang

2. Rambut terlihat datar dan tidak bisa di atur dengan baik

3. Banyak rambut rontok di bantal tidur

4. Banyak rontokan saat menyikat rambut

5. Banyak rambut berada di pembuangan air pada kamar mandi

6. Kulit kepala terbakar sinar matahari

7. Ketika rambut di ikat akan terasa lebih tipis dari biasa nya

Jika Anda menyadari terdapat tanda - tanda tersebut, coba kunjungi spesialis untuk di periksa dan kalau memang terjadi bisa segera di sembuhkan.

Bagi wanita di rekomendasikan untuk meminum suplemen 2.5mg biotin setiap hari, selain itu juga mengunakan sampo, konditioner, dan produk rambut lain nya yang bebas sulfat dan lembut di rambut.

Perhatikan juga gaya hidup bisa memainkan peranan penting, pengunaan wig atau ekstension rambut harus di hindari karena selain terlalu ketat dan mengakibatkan banyak gesekan pada kulit kepala, juga bisa memperparah kerontokan pada rambut.

Bagi mereka yang suka berenang untuk mengunakan penutup kepala, dan bagi mereka yang berjemur matahari dalam jangka waktu lama unguk mengenakan topi. Tabir surya bisa membantu tapi akan mengacaukan kulit kepala Anda.
Jaga rambut Anda dengan baik, jangan menyikat rambut terlalu sering atau terlalu kasar, dan hindari pengunaan alat pemanas pada rambut. Hindari sikat dan sisir dengan ujung plastik, karena bisa merusak batang rambut.

Hindari mengunakan handuk untuk mengeringkan rambut, melainkan tepuk dengan lembut mengunakan t-shirt yang sudah tidak terpakai. Selain itu diet sehat juga merupakan salah satu kunci nya, jadi penuhi asupan Anda dengan makanan yang mengandung protein, asam omega-3, dan zat besi, karena nutrisi tersebut akan membuat rambut Anda terlihat sehat luar dan dalam.

Ingat, jauh lebih mudah menjaga rambut untuk sehat dibandingkan memperbaiki nya setelah kerontokan.

Penulis : Susana Young
Image : hair2013.org