.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Mitos Tentang Tidur Bayi Selama Ini Tidak Benar


Ketika Anda baru saja mempunyai bayi di rumah, rasanya seperti seluruh dunia sedang berputar ke arah bayi Anda saat Dia tertidur, dan semua orang memberikan nasihat dan saran yang mereka tahu.

Hanya saja kebanyakan nasihat tersebut ternyata salah, terutama tujuh mitos mengenai tidur bayi berikut. Jangan langsung mempercayai mitos tersebut sebelum membaca fakta berikut:

Mitos #1: Jangan Pernah Membangunkan Bayi yang Sedang Tidur

Fakta nya: Anda mungkin sudah mendengar nasihat ini ribuan kali, namun jangan langsung percaya begitu saja. Dalam beberapa minggu pertama nya, bayi Anda akan butuh makanan yang terlihat terus - menerus tapi sebenarnya sekitar dua atau tiga jam.

Jadi ada waktu dimana Anda harus membangunkan bayi Anda dengan lembut agar Dia bisa makan, selain hal ini tidak masalah, ini penting supaya bayi Anda bisa mencapai berat yang sehat. Setelah bayi Anda sudah mendapat berat ideal untuk kesehatan nya, tidak masalah untuk membiarkannya tidur di malam hari tanpa perlu membangunkan nya untuk diberi makan.
Mitos #2: Penahan Boks Bayi Bisa Melindungi Bayi

Faktanya: Penahan boks bayi terlihat bisa melindungi bayi dari benturan dan memar, namun mereka bisa berbahaya karena seperti kebanyakan selimut, bantal, atau penahan posisi tidur mengandung resiko terkena sesak nafas.

Mitos #3: Jaga Sekitar untuk Tidak Berisik

Faktanya: Mungkin Anda perlu kesunyian untuk bisa tertidur, namun bayi yang baru lahir lebih menyukai suara terutama suara seperti kipas angin.

Mereka merasa nyaman karena merasa akrab, karena mereka sering mendengar suara selama 24/7 selama masih dalam kandungan. Selain itu suara menderu itu bisa menimpa suara lain, yang bisa menganggu tidur bayi. Jadi jika Anda mengalami kesulitan menenangkan bayi, coba gunakan suara deru kipas angin untuk membuat nya tertidur.

Mitos #4: Bayi Harus Bisa Tidur Panjang di Malam Hari Setelah Minggu ke 12

Faktanya: Bagus kalau bisa begitu, akan tetapi hal yang tidak realistis ini hanya akan membuat Anda merasa frustasi. Jika Anda memiliki bayi yang kenyang di siang hari, dengan rutinitas yang teratur serta sedikit keberuntungan, bayi Anda akan bisa tertidur sepanjang malam setelah minggu ke 12.

Untuk yang lain nya, biasanya di butuhkan beberapa bulan dan itu tidak berarti ada sesuatu yang salah. Namun Anda bisa mendorong bayi untuk tidur lebih panjang dengan cara membiarkan nya tertidur tanpa bantuan, dan setelah tertidur jangan kemudian mengecek untuk setiap suara yang Dia buat.

Bayi Anda perlu belajar untuk bisa tertidur dengan sendiri nya, dengan melakukan ini secara konsisten, bayi akan lebih cepat membiasakan diri untuk tidur lebih panjang dalam waktu empat hingga enam bulan.

Mitos #5: Menidurkannya Lebih Malam akan Mencegah Bayi Terbangun Lebih Awal di pagi hari

Faktanya: Mungkin terlihat logis, tapi ini bisa menjadi serang balik bagi Anda. Dengan menidurkan nya lebih malam hanya akan membuat bayi menjadi lebih letih, dan ketika mereka terletih, mereka menjadi rewel, yang pada akhir nya membuat mereka lebih sulit tertidur dan tidur kembali jika mereka terbangun.

Untuk bisa membuat bayi tidur kembali setelah terbangun, Anda harus menidurkan nya jauh lebih awal sekitar 30 menit dari waktu tidur nya.

Mitos #6: Tidak Apa Membiarkan Anjing Tertidur di Kamar Bayi

Faktanya: American Academy of Pediatrics (AAP) menganjurkan untuk tidak meninggalkan bayi atau anak sendiri dengan binatang peliharaan, dan itu termasuk mengijinkan mereka tidur di kamar anak.

Alasan nya karena sekitar 600.000 anak setiap tahunnya terkena gigitan anjing hingga membutuhkan perawatan medis. Bahkan kucing yang senang bermain bisa masuk ke boks bayi dan melukai bayi Anda dengan cakarnya. Lebih baik berhati - hati dan membuat zona bebas binatang di kamar anak Anda.
Mitos #7: Menambah Sereal pada botol Bayi akan Membantunya Tertidur Sepanjang malam

Faktanya: Tidak ada bukti yang bisa di berikan mengenai sereal yang di masukan ke dalam botol bayi akan membuat nya tertidur lebih lama, jadi tidak ada guna nya melakukan hal tersebut. Faktanya, sereal dalam botol bisa meningkatkan jumlah kalori yang di konsumsi bayi, dan memberikan makanan padat pada bayi sebelum empat bulan bisa memberikan penyakit obesitas.

AAP menganjurkan untuk menunggu sebelum memberikan makanan padat setidaknya sampai bayi berumur 4 sampai 6 bulan, dan selalu memberikan nya lewat sendok, karena bayi bisa tersedak jika di berikan melalui botol.

Ada beberapa pengecualian, misalkan dokter Anda menganjurkan pemberian sereal sebagai pengobatan terhadap reflux. Jika hal itu terjadi, ikuti anjuran dokter dengan hati - hati. Sedangkan mengenai bagaimana supaya bayi tertidur lebih lama di malam hari, kemungkinan untuk berhasil lebih besar jika mengikuti mitos no #4.

Penulis : Susana Young
image : babyology.com.au