.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Hal Mengenai Puasa yang Belum Anda Ketahui


Mulai 6 juni ini merupakan awal dari bulan Ramadan atau puasa, akan banyak muslim yang akan menjalankan ibadah puasa nya selama sebulan penuh. Ramadan merupakan salah satu dari lima pilar dalam islam, dan pengikut nya di haruskan untuk berpuasa selama bulan tersebut.

Bagi Anda yang bukan beragama islam, berikut adalah 7 hal yang teman muslim Anda ingin Anda ketahui mengenai Ramadan.

1. Berpuasa Berarti Tidak Makan atau Minum dari Matahari Terbit Sampai Terbenam
Keluarga akan berkumpul dan makan setelah matahari terbenam. Para muslim tidak mencoba membuat diri sendiri kelaparan, melainkan melihat hal tersebut sebagai pembersihan tubuh dan jiwa.

Berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus dari matahari terbit sampai terbenam, melainkan belajar untuk mengendalikan diri dan kesabaran. Pada bulan ini Anda akan mendengar banyak aktifitas saat jam 3 pagi setiap hari selama sebulan.

2. Berpuasa Menunjukkan Apa yang Dirasakan Orang Miskin
Fakta nya, berpuasa menunjukkan bagaimana orang lain tidak bisa makan atau minum karena mereka tidak tahu kapan bisa makan.

3. Menghilangkan Kebiasaan Buruk Saat Bulan Puasa
Selain tidak makan dan minum, muslim juga di haruskan untuk tenang dan menahan nafsu mereka. Salah satu konsep yang salah mengenai bulan puasa adalah naik nya tingkat emosi ketika menjalankan puasa, akan tetapi kebalikannya juga bisa terjadi.

Bulan Ramadan ini adalah bulan dimana di haruskan untuk mengatur emosi, menahan marah, dan mengendalikan ucapan dan tidak menilai orang lain.

4. Banyak hal yang Harus Dihindari Saat Berpuasa
Tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga harus menjauhi perdebatan dan pertengkaran. Muslim di haruskan untuk menjauhi banyak hal seperti berhubungan seks saat berpuasa untuk bisa berkonsentrasi membersihkan diri.

Tidak hanya mengenai menahan lapar, melainkan memberi dan mengkoreksi diri.

5. Ada Pengecualian untuk Berpuasa
Bagi mereka yang tidak sanggup berpuasa karena masalah usia, jenis kelamin, atau kesehatan maka di perbolehkan untuk tidak berpuasa.

Anak - anak dan orang yang sudah terlalu tua tidak di haruskan berpuasa. Wanita yang sedang mengalami haid, atau mereka yang sedang dalam kondisi sakit di perbolehkan untuk tidak berpuasa, hanya saja mereka di haruskan untuk memberi makan yang membutuhkan untuk setiap hari di mana mereka tidak berpuasa.
6. Ramadan, Natal, Hanukkah adalah sama
Selain mengenai makanan dan menyumbang mereka yang membutuhkan, ketiga peringatan tersebut memiliki prinsip yang sama yaitu mengenai perdamaian dan cinta, serta menunjukkan manfaat dari semua yang sudah di lakukan.

7. Selain Berpuasa, Muslim diharuskan untuk Memberi Zakat Saat Bulan Ramadan
Merupakan kewajiban pada bulan tersebut untuk memberikan zakat pada orang miskin dan mereka yang membutuhkan sebelum selesai Ramadan. Zakat adalah cara untuk memutarkan kekayaan dari orang kaya kepada orang miskin dalam masyarakat.

Terakhir adalah untuk tidak mengoda teman muslim Anda mengenai makanan lezat yang baru saja Anda makan.

Penulis : Susana