.::::::Disiniajatempatnya:::::.


Tujuh Emosi yang Bisa Merusak Kehidupan Anda


Dalam kehidupan sehari - hari, Anda mendapatkan banyak sekali emosi yang bervariasi tergantung pada lingkungan Anda saat ini. Beberapa emosi tersebut sayang nya tidak sebanding dengan energi yang di keluarkan. Terlebih lagi emosi tersebut hanya akan merusak hidup Anda.

Berikut adalah 7 emosi yang tidak layak bagi Anda untuk menghabiskan energi dan merusak kehidupan Anda:
1. Bersedih
Apa guna nya untuk terus tenggelam dalam kesedihan? Lagipula itu tidak akan merubah keadaan saat ini. Hati Anda sakit. Jiwa Anda menangis, dan setelah semua tangisan dan rasa sakit, Anda hanya menyadari kalau waktu yang hilang seharusnya bisa Anda gunakan untuk mencari ketenangan.

Bersedih itu seperti penyakit. Ketika Anda bersedih, katakan pada diri Anda kalau sedang terkena penyakit, memang tidak akan hilang begitu saja, akan tetapi bisa memberikan sedikit ketenangan. Anda harus yakin kalau hal baik pasti akan datang.

2. Iri Hati
Iri hati adalah racun yang menodai kesucian pada jiwa, membuat Anda untuk berpikir hal yang jahat. Jika Anda memiliki rasa iri hati kepada orang lain, Anda tidak akan bisa melihat kelebihan di sekitar Anda.

Ketika iri hati sudah merasuki pikiran, pikiran tersebut akan meyakinkan Anda kalau Anda perlu untuk lebih bahagia, terpenuhi, lengkap, dan karena mereka memiliki yang tidak Anda miliki, Anda akan merasa mereka beruntung dan merasa rendah diri.

Anda masih hidup dan bernafas, itu sudah merupakan anugrah terbaik dalam hidup Anda. Terima kehidupan Anda dan jalani dengan sebaik mungkin, banyak sekali yang bisa di syukuri dalam hidup Anda.

3. Marah
Buddha pernah berkata, memendam amarah itu seperti memegang bara panas dengan tujuan membuat orang lain terbakar.

Rasa marah sama sekali tidak berguna. Dengan merasa marah, tidak akan menghentikan orang lain untuk melakukan hal yang membuat Anda marah, melainkan hanya akan melukai mereka, dan diri Anda sendiri.

4. Penyesalan
Hidup Anda di bangun dengan fondasi dari setiap pilihan yang Anda buat, namun terkadang ada beberapa pilihan yang mengecewakan, yang membuat Anda merasakan penyesalan, yang membuat Anda berharap kalau Anda memilih jalan lain.

Mengingat masa lalu hanya memberikan sedikit manfaat. Namun akan sangat membantu jika Anda ingin mengubah kebiasaan Anda dengan menganalisa situasi dan belajar dari kesalahan sebelum nya. Akan tetapi jika Anda hanya mengingat masa lalu dan menyesali kesalahan yang Anda buat, maka Anda hanya menyebabkan kesedihan yang tidak berguna.

Masa lalu seseorang bisa di lihat dari siapa orang itu saat ini, dan masa depan nya bisa di lihat dari apa yang sedang di lakukan saat ini. Masa lalu, saat ini, dan masa depan semua tersambung, tapi Anda hanya memiliki kendali untuk saat ini.

5. Rasa Takut
Rasa takut itu seperti hidup dalam sebuah penjara yang menghalangi Anda untuk melakukan setiap hal yang di inginkan. Melemahkan hidup, melumpuhkan perkembangan, menghancurkan impian, meneror hati dan pikiran Anda, musuh dalam kehidupan.

Keberanian bukan lah hasil dari tidak ada rasa takut, melainkan menguasai rasa takut.

Untuk menguasai rasa takut, Anda harus tau seperti apa rasa takut itu. Semua orang akan mengalami rasa takut, perbedaan nya adalah bagaimana mereka bertindak terhadap rasa takut tersebut. Apakah Anda akan tunduk pada rasa takut, atau terus maju mengejar impian Anda.

6. Rasa Bosan
Kebosanan belum tentu merupakan hal yang buruk, karena ketika Anda merasa bosan, Anda bisa menganggap nya sebagai sinyal bagi Anda untuk mencari dan melakukan sesuatu yang bermanfaat dalam hidup, dengan menghabiskan waktu dengan cara yang kreatif.

Namun, jika kebosanan Anda hanya di isi dengan menonton film, mungkin akan menghibur, tapi menghabiskan waktu dalam aktifitas seperti itu tidak akan memenuhi hidup Anda. Hanya dengan melakukan hal yang Anda sukai dan bermanfaat barulah Anda merasa hidup.
7. Kesepian
Ada perbedaan antara menyendiri dengan kesepian. Seseorang merasa kesepian ketika mereka melupakan siapa diri mereka sendiri, dan seseorang yang ingin menyendiri belum tentu merasa kesepian. Semua hanya ada dalam pikiran Anda.

Kesepian adalah perasaan yang terus menghantui. Membuat Anda merasa seperti tidak memiliki nilai sama sekali dalam hidup.

Itulah tujuh emosi yang hanya akan membuat Anda menghamburkan energi dan konsentrasi jika di lakukan, maka itu pengembangan diri perlu di lakukan untuk mengatasi semua emosi itu. Memang jalan yang di lalui akan terasa sulit, tapi dengan setiap pengalaman, Anda akan menjadi lebih dewasa dan mampu untuk melawan emosi tersebut.


Penulis : Susana Young